PENYUSUNAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM KRIPIK MAKROS DENGAN MENGGUNAKAN QSPM
Abstract
Salah satu merek kripik yang paling populer di Pontianak adalah Kripik Makros. Industri ini berada di Gg. Duku Baru 2, Sangai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kripik Makros pertama kali diproduksi di Pontianak pada tanggal 17 Agustus 2017, dengan cabang di Ketapang dan Singkawang di Kalimantan Barat. Menurut wawancara yang sudah dilakukan, UMKM Kripik Makros menghadapi masalah, yaitu produk yang belum memasuki cafe atau rumah makan dan banyak munculnya pesaing produk sejenis. Dengan demikian, maka diperlukan penelitian tentang analisis pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada UMKM Kripik Makros dengan menggunakan QSPM. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara serta penyebaran kuesioner kepada Konsumen dan pihak UMKM. Matriks IE, SWOT, dan SPACE dapat dibuat dengan hasil analisis SWOT, sedangkan hasil analisis CPM dapat digunakan untuk membuat matriks BCG dan Grand Strategy Matrix. Sebelum diolah, setiap data akan diuji dengan cara uji validitas dan reliabilitas. Integrasi horizontal, penetrasi pasar, pengembangan produk, pengembangan pasar, dan diversifikasi konsentrik adalah rekomendasi strategi alternatif yang disarankan berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan menggunakan matrik SWOT. Hasil penelitian menggunakan matriks IE dan SPACE menghasilkan rekomendasi alternatif untuk integrasi horizontal, penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk, dan diversifikasi konsentrik. Untuk matriks BCG, rekomendasi alternatif strategi termasuk diventasi sedangkan untuk matriks Grand strategy, rekomendasi alternatif strategi termasuk integrasi ke depan, integrasi ke belakang, dan integrasi horizontal, penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Selanjutnya, bandingkan alternatif stratgey yang ditawarkan oleh masing-masing dari kelima alat bantu dan pilihlah alternatif strategi yang paling tepat meliputi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Hasil dari matriks QSPM dengan 3 alternatif strategi yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk yaitu sebagai pengembangan produk menjadi fokus utama untuk UMKM Kripik Makros karena skor TAS yang diterima sebesar 5,26, yang lebih tinggi dari penetrasi pasar sebesar 5,19 dan pengembangan pasar sebesar 5,12.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Strategi pemasaran, Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks CPM, Matriks IE, Matriks
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.