PENGARUH KUALITAS PRODUK SERTA KESADARAN HALAL PADA PRODUK BAKMIE KERING HAJI AMAN TERHADAP PENENTUAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING PARTIAL SQUARES (SEM-PLS)

Satria Wira Swastika, Riadi Budiman, Ratih Rahmahwati

Abstract


Salah satu produsen makanan yang memproduksi makanan khas Tionghoa adalah Bakmie Kering Haji Aman cabang Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa keterkaitan keputusan pembelian konsumen terhadap produk makanan bakmie kering Haji Aman dengan didasari oleh dua variabel utama yakni kualitas produk dan kesadaran halal. Penelitian menggunakan metode Structural Equation Modeling Partial Squares (SEM-PLS) dalam pengolahan data dengan menggunakan model pengukuran dan model struktural pada kuisioner  yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk (KP) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Bakmie Kering Haji Aman. Hasil pengolahan data diperoleh nilai signifikansi t > t tabel sebesar 9,192 > 1,96 dengan tingkat signifikansi dibawah 0,05 yaitu sebesar 0,001. Kemudian Kesadaran Halal (KH) tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian (KPB). Hasil pengolahan data diperoleh nilai signifikansi t < t tabel sebesar 1,129 > 1,96 dengan tingkat signifikansi di atas 0,05 yaitu sebesar 0,131. diketahui bahwa nilai R2 dari Keputusan Pembelian (KPB) adalah 0,725 yang berarti bahwa 72,5% keputusan pembelian (KPB) pada Bakmie Kering Haji Aman dapat dijelaskan oleh Kualitas Produk (KP) dan Kesadaran Halal (KH), sedangkan 27,5% sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kesadran Halal, Keputusan Pembelian, Structural Equation Modeling Partial Squares (SEM-PLS)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.