USULAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN PELAYANAN WET DENGAN PENDEKATAN BENCHMARKING DAN PLS-SEM

Mohammad Meitsa Vedi, Dedi Wijayanto, Riadi Budiman

Abstract


Berubahnya kebiasaan konsumen dalam mengkonsumsi film membuka pasar yang potensial bagi perusahaan penyedia layanan Video On Demand (VOD) di Indonesia. Layanan VOD memberikan masyarakat kebebasan dalam memilih tayangan yang ingin ditonton tanpa terikat pada waktu tertentu. Namun pasar penyedia jasa video on demand di Indonesia saat ini dikuasai oleh perusahaan internasional seperti Disney+ Hotstar dan Netflix. Layanan VOD yang berfokus pada konten dalam negeri seperti WeTV tidak bisa bersaing dipasar dalam negeri. WeTV dirasa tidak memiliki intelektual properti yang cukup di kenal, selain itu WeTV juga kurang bisa bersaing secara kuantiti produk, bahkan jika melihat promosi yang dilakukan juga tidak semasif perusahaan penyedia VOD lainnya. Sehingga melihat keunggulan dan kelemahan dari setiap perusahaan perlu dilakukan untuk menyusun strategi inovasi yang baik serta mampu meningkatkan performa WeTV demi memenangi persaingan dengan kompetitor. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai media pengumpulan data dan di sebarkan di kota pontianak. Data yang diperoleh berjumlah 137 yang pernah menggunakan layanan VOD Netflix, Disney+ Hotstar, dan WeTV. Variabel yang digunakan pada penelitian ini ialah kualitas produk, kualitas harga, kualitas promosi, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan, Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis PLS-SEM yang tediri dari evaluasi model pengukuran (outer model), evaluasi model struktural (inner model) dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kepuasan pelanggan netflix dipengaruhi oleh variabel produk, harga, dan promosi. Variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan Disney+ Hotstar ialah harga, promosi, dan layanan. Sedangkan WeTV dipegaruhi oleh kepuasan pelanggan pada variabel produk dan harga. Rekomendasi yang dapat di berikan untuk WeTV sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan performa perusahaan ialah meningkatkan kualitas konten yang disajikan, memperbaiki kesalahan terjemahan pada subtitle, menambah variasi produk, menambah variasi harga, melakukan branding yang jelas, memberikan promo harga seperti potongan, menyelesaikan keluhan konsumen dengan cepat, dan menjamin keamanan data pelanggan memiliki standar yang jelas.

 

Kata Kunci: Video On Demand, Netflix, Disney+ Hotstar, WeTV, Produk, Harga, Promosi, Pelayanan, PLS-SEM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.