REDESIGN TATA LETAK FASILITAS MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY RELATIONSHIP CHART DAN ALGORITMA BLOCPLAN PADA PABRIK XYZ

Maulidah Maulidah, Pepy Anggela, Pepy Anggela, Ivan Sujana, Ivan Sujana

Abstract


Fasilitas merupakan salah satu sumberdaya yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang harus diolah dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Penempatan fasilitas yang kurang baik dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Hal ini disebabkan karena adanya potensi aliran mengalami bolak-balik dan aliran yang menyilang, sehingga suatu produk harus menempuh jarak yang lebih dan memerlukan waktu yang lebih lama, atau dapat juga dikatakan sebagai ketidakefisienan dalam lantai produksi. Permasalahan mengenai penempatan fasilitas dirasakan langsung oleh Pabrik XYZ, yang bergerak dalam industri pengolahan pakan ikan. Oleh sebab itu diperlukan perancangan ulang tata letak fasilitas yang bertujuan untuk meminimasi total jarak perpindahan dan mengurangi ongkos material handling.

Berdasarkan hasil observasi studi lapangan, saat ini sedang melakukan penambahan mesin. Penempatan mesin tersebut tentu memerlukan beberapa pertimbangan agar tidak mengganggu proses produksi yang sudah ada saat ini. Salah satu pertimbangan yang perlu diperhatikan adalah mengenai aliran proses produksi guna untuk menentukan tingkat kedekatan antar fasilitas. Penentuan tingkat kedekatan antar fasilitas untuk meminimasi jarak  perpindahan  material. Proses penentuan tingkat kedekatan antar fasilitas dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode activity relationship chart. Dimana, setiap hubungan antar fasilitas dapat diklasifikasikan dengan beberapa alasan pendukung, sedangkan proses redesign layout dilakukan menggunakan algoritma blocplan berdasarkan pada hasil output dari metode ARC.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 20 layout yang mampu dihasilkan oleh algoritma blocplan, berdasarkan pada derajat kedekatan terbaik yang dapat dibentuk layout 3 terpilih menjadi layout terbaik. Berdasarkan hasil layout yang dihasilkan departemen penjemuran dan oven mutlak untuk didekatkan karena menngunakan peralatan yang sama serta sama-sama memerlukan cahaya matahari sedangkan departemen mixer, penimbangan dan packing sangat penting untuk didekatkan dengan departemen gabungan.

Kata Kunci: Activity Relationship Chart, Blocplan, Tata Letak Fasilitas

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.