PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, CELEBRITY ENDORSEMENT DAN TIKTOK ADS TERHADAP BRAND LOYALTY DENGAN BRAND TRUST PADA SCARLETT WHITENING

Mala Firdah, Febri Prima, Silvia Uslianti

Abstract


Persaingan di dunia industri produk perawatan kulit semakin hari semakin ketat. Bahkan ada banyak industri yang menyediakan berbagai variasi produk dengan jenis yang sama. Akibatnya, setiap bisnis harus bersaing dalam hal mendapatkan dan mempertahankan pelanggan setia. Namun, di era digital saat ini, loyalitas konsumen terhadap suatu produk akan berkurang karena banyaknya informasi yang tersedia. Akibatnya, sebuah perusahaan harus memahami jenis strategi pemasaran apa yang dapat mempertahankan loyalitas konsumen terhadap produknya. Penelitian ini mengkaji persepsi konsumen produk Scarlett Whitening terkait strategi digital marketing di media sosial TikTok, sehingga didapatkan digital marketing seperti apa yang mempengaruhi brand trust dan brand loyalty pada produk Scarlett Whitening. Penelitian ini diharapkan mampu membuat perusahaan lebih efektif dalam pemilihan strategi yang nantinya dapat menghemat pengeluaran perusahaan.

Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode PLS-SEM dengan software SmartPLS. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner secara daring/online ke pengguna media sosial TikTok yang pernah melakukan repurchase produk Scarlett Whitening. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 100 sampel yang sesuai kriteria. Penelitian ini menggunakan indikator yang berjumlah 34 dari variabel yang diteliti, yaitu online customer review, celebrity endorsement, dan tiktok ads.

Selanjutnya, data-data yang telah terkumpul akan dilakukan pengujian validitas diskriminan, validitas konvergen, dan uji reabilitas. Setelah data dinyatakan valid dan reliabel, maka data diolah dengan melakukan uji multikolinearitas, f-square, r-square, q-square, uji path koefisien, uji hipotesis parsial, dan uji hipotesis simultan. Hasil temuan dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel online customer review yang paling efektif diterapkan dalam digital marketing di sosial media TikTok, sedangkan variabel celebrity endorsement dan tiktok ads tidak memiliki pengaruh terhadap brand loyalty dan brand trust produk Scarlett Whitening.

 

Kata Kunci: Brand Loyalty, Brand Trust, Celebrity Endorsement, Online Customer Review, Tiktok Ads.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.