ANALISA PENGARUH BRAND IMAGE PADA PRODUK MAKANAN BEKU

Intan Anggraini, Riadi Budiman, Tri Wahyudi

Abstract


Pandemi COVID-19 secara tak langsung berdampak pada pola hidup dan ekonomi Indonesia. Serangkaian kondisi pembatasan aktivitas membuat masyarakat mencari alternatif terbaik dalam konsumsi makanan. Frozen food pun menjadi salah satu pilihan yang diminati masyarakat dan meningkat penjualannya selama pandemi COVID-19 berlangsung. Frozen food merupakan salah satu jenis makanan yang diolah dengan metode mengubah hampir seluruh kandungan zat air didalam produk makanan menjadi zat es dengan tujuan memperlambat proses pembusukan dan memperpanjang masa simpan produk. Dengan keunggulannya tersebut, frozen food menjadi salah satu alternatif makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat selama pandemi COVID-19 berlangsung. Azis Frozen Food  merupakan salah satu brand makanan beku yang berada di Kota Pontianak dan diproduksi oleh UMKM Lokal. Menurut studi lapangan, diketahui bahwa produk makanan beku ini memiliki potensi yang cukup baik namun belum mencapai omzet maksimal dalam penjualannya. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan penelitian mengenai apa saja yang mempengaruhi masyarakat dalam membeli produk makanan beku. Dalam penelitian kali ini, akan dicari pengaruh dari variabel brand image  terhadap keputusan pembelian produk makanan beku. Sehingga dapat diberikan saran untuk Azis Frozen Food dalam produksi maupun pemasaran kedepannya.

Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner menggunakan google form. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel yaitu Masyarakat Kota Pontianak yang berusia 17 tahun hingga 56 tahun dengan kebiasaan gemar mengonsumsi makanan beku. Didapatkan 104 responden yang memenuhi persyaratan dan diolah hasil kuisioner tersebut menggunakan metode analisa Partial Least Square(PLS-SEM).

Hasil yang didapatkan berupa diketahui bahwa variabel brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan beku dengan nilai signifikansi 0,001 dan nilai t statistik sebesar 3,119. Sehingga Azis frozen food dapat terus mempertahankan citra yang sudah ada sembari terus melakukan penginformasian mereknya dan juga tetap menjaga kehalalan produknya.

Kata Kunci : Azis Frozen Food , Brand Image, Makanan Beku, Pandemi COVID-19, Partial Least Square-SEM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.