PERANCANGAN ALIRAN SISTEM INFORMASI INVENTORY PADA CV. CITRA PERSADA COLDSTORAGE

Rahayu Wulandari, Mohamad Sofitra, Dedi Wijayanto

Abstract


CV. Citra Persada Coldstorage adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam sektor penyewaan gudang yang berdiri sejak tahun 2005. Saat ini pendataan barang gudang masih dilakukan secara manual yang akhirnya menyebabkan ketidaksinkronan data stok akhir dan lamanya penyampaian informasi rekapan data.

Tahapan perancangan mengacu pada metode waterfall, dimana desain aliran sistem informasi terdiri dari analisis sistem, analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian, (Upadhyay, 2016). Pengumpulan data terdiri dari alur pendataan eksisting, rekapan inventory gudang, dan data kualitatif, sedangkan pengolahan data menghasilkan sebuah perancangan proses bisnis eksisting dan proses bisnis usulan, rancangan DFD terdiri dari DFD level 0, DFD level 1 (overview diagram) yang terdiri dari 10 proses dan 32 subproses. Perancangan dengan model ERD (entity relationship diagram) menghasilkan 15 entitas dan 19 tabel relasi antar entitas dengan tipe binary relationship, dan perancangan interface mengasilkan 14 rancangan. Hasil rancangan sistem diuji menggunakan uji black box yang terdiri dari 9 kelas uji dengan 29 butir uji menghasilkan respon tanpa error sesuai perintah yang diberikan pada situs web.

Perancangan ini menghasilkan sebuah  sistem informasi yang tersistem menghubungkan 3 orang pengguna /user terdiri dari admin gudang, manager A&W , dan manager gudang. Pengguna membutuhkan sistem informasi yang tampilannya simpel ,mudah, dengan tingkat error rendah, dan membutuhkan sistem informasi yang berisi data barang, jumlah barang masuk, stok barang, jenis barang, barang keluar, dan barang return. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah perancangan sistem inventarisasi yang optimal agar penyebaran informasi lebih akurat, cepat, mudah diakses, dan relevan.

Kata Kunci : CV.Citra Persada, Perekapan manual, Perancangan sistem


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.