PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNA JASA APLIKASI BUJANG KURIR DI PONTIANAK

Kristian Yonatan, Riadi Budiman, Febri Prima

Abstract


Layanan Aplikasi Kurir Bujang, salah satu kendaraan angkutan darat asli di Pontianak, Kalimantan Barat, memberikan berbagai alternatif bagi penyedia jasa ojek online. CV. Bujang Sejahtera memiliki banyak pesaing, termasuk Gojek. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan identifikasi dan analisis bauran pemasaran produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses dan bukti fisik uabstrak:ntuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Berbagai tahapan dilakukan dalam pengumpulan data, seperti wawancara dan penyebaran kuesioner. Hal-hal yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kepuasan pelanggan terkait produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, dan bukti fisik melalui pengujian validitas, pengujian reliabilitas, analisis regresi linier berganda, pengujian simultan, pengujian parsial, dan pengujian deterministik. Berdasarkan uji secara  parsial bahwa produk, harga, lokasi, promosi dan proses tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pengujian pada variabel orang dan bukti fisik memiliki pengaruh yang sangat signinifikan terhadap kepuasan pelanggan. Bedasarkan  uji anova, ketujuh variabel  yaitu produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan ( ) dengan nilai 85,4. Berdasarkan perhitungan matrik Boston Consulting Group (BCG), CV. Bujang Sejahtera pada aplikasi Bujang Kurir berada pada kuadran Dog yang artinya memiliki pangsa pasar rendah dan pertumbuhan pasar yang rendah.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Boston Consulting Group, Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.