PERBAIKAN POSTUR KERJA DENGAN METODE QEC DAN RULA UNTUK MENGURANGI TERJADINYA MUSCULOSKELETAL DISORDERS DI CV. MAKMUR JAYA

Siti Nuraidah, Silvia Uslianti, Ratih Rahmahwati

Abstract


CV. Makmur Jaya adalah suatu  usaha yang menerima jasa pembuatan kelengkapan pabrik (manufaktur) dan alat-alat berat lainnya. Permasalahan yang ditemukan yaitu postur kerja operator tidak ergonomis saat bekerja, yaitu tubuh dalam kondisi berdiri serta duduk terlalu lama, dan membungkuk yang mengakibatkan tubuh mengalami cedera pada otot. Pengisian Kuesioner dilakukan oleh 6 operator yaitu 2 operator mesin bubut, bor milling, dan scrap. Hasil dari studi pendahuluan yaitu operator  mengalami keluhan pada tubuh bagian pinggang, bahu kanan, leher, dan punggung. Total keluhan yang didapat dari perhitungan NBM existing  pada masing-masing mesin yaitu sebesar 49,5 berarti memerlukan perbaikan. Penelitian bertujuan untuk memperbaiki serta mengimplementasikan postur kerja operator saat bekerja untuk mengurangi gangguan Musculoskeletal Disorders.

Nordic Body Map digunakan sebagai studi pendahuluan untuk mengidentifikasi keluhan risiko cedera yang dialami operator pada kondisi existing dan setelah perbaikan. Quick Exposure Check digunakan sebagai kuesioner pendukung untuk memperkuat data yang  didapatkan pada kuesioner NBM. Sedangkan Rapid Upper Limb Assessment untuk menganalisa postur kerja dengan memberi skor pada setiap bagian otot dan memberikan rekomendasi perbaikan postur kerja dengan bantuan CATIA.

Perbaikan yang didapatkan dari skor NBM sesudah perbaikan menghasilkan rata-rata keluhan pada operator mesin bubut 1 dan 2 sebesar 42,5, sebesar 31,5 pada operator mesin bor milling 1 dan 2, sebesar 33,5 pada operator mesin scrap. Hasil yang diperoleh dari analisis postur kerja menggunakan bantuan CATIA setelah perbaikan mengalami perubahan skor yaitu memperoleh  final score berwarna kuning pada masing masing mesin, yang menunjukkan bahwa postur mengalami perubahan sehingga  keluhan otot yang dirasakan operator berkurang.

 

Kata Kunci : CATIA, Nordic Body Map, Postur Kerja, Quick Exposure Check, Rapid Upper Limb Assessment.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.