STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN ANSANIA SAUDIA RAWIS HELWA HIJAB PONTIANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN TOPSIS

Muhammad Akmal, Tri Wahyudi, Ratih Rahmahwati

Abstract


HELWA Hijab Pontianak sebagai distributor kerudung resmi satu-satunya di Kalimantan Barat yang membawa brand Ansania dan Helwa. Sebagian besar masyarakat khususnya kaum wanita yang menggunakan hijab sudah tak asing lagi dengan nama brand Ansania dan Helwa. Tentu peluang besar ini tidak disia-siakan HELWA Hijab Pontianak untuk memasarkan produk-produk baik secara online maupun secara offline untuk meningkatkan penjualan. Namun terdapat permasalahan pada bagian pemasaran. Permasalahan yang dihadapi adalah menurunnya penjualan selama beberapa bulan terakhir. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan perbaikan dengan cara pemilihan strategi pemasaran dengan menggunakan metode SWOT dan TOPSIS. Penelitian dimulai dengan melakukan pengumpulan data yang dibutuhkan, yaitu melakukan identifikasi faktor internal dan faktor eksternal. Selanjutnya hasil identifikasi ditransformasikan ke dalam kuesioner, agar didapat nilai bobot dan rating pada setiap faktor. Hasil kuesioner digunakan untuk pengolahan menggunakan metode SWOT dan TOPSIS. SWOT berfungsi untuk mengetahui posisi perusahaan ada di kuadran berapa. Berdasarkan hal tersebut, maka akan diketahui strategi yang harus dijalankan, antara S-O, S-T, W-O, atau W-T. Langkah selanjutnya yaitu melakukan metode TOPSIS. Kegunaannya yaitu mengurutkan prioritas dari alternatif-alternatif pada strategi terpilih. Berdasarkan hasil pengolahan SWOT, diketahui posisi perusahaan berada di kuadran II. Maka dari itu, strategi yang harus dijalankan yaitu strategi S-T. Adapun alternatif yang ada pada strategi S-T yaitu: memberikan promo dan diskon pembelian dalam jumlah banyak guna bersaing dengan kompetitor (V1), menjaga kestabilan harga agar tetap terjangkau oleh konsumen (V2), memasarkan kerudung dengan warna yang berdasarkan hasil survei pasar dan tren masa kini (V3), mengoptimalkan persediaan produk di gudang (V4). Adapun prioritas yang didapat dari pengolahan TOPSIS yaitu V1>V3>V2>V4.

Kata kunci : kerudung, pemasaran, strategi, SWOT, TOPSIS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.