PENDEKATAN TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE (TPM) DI PT. RANA WASTU KENCANA

Franciskus Febry Anggoro, Yopa Eka Prawatya, Noveicalistus H Djanggu

Abstract


PT. Rana Wastu Kencana merupakan perusahaan industri yang bergerak di sektor pengolahan kelapa sawit dan menghasilkan dua produk utama seperti palm kernel dan crude palm oil. Tingginya frekuensi kerusakan mesin-mesin pada stasiun press menyebabkan produksi berhenti dalam kurun waktu yang tidak dapat ditentukan dan mengakibatkan target produksi belum dapat tercapai.

Penelitian ini menggunakan metode total productive maintenance (TPM) untuk mengetahui tingkat produktivitas dan mengidentifikasi faktor-faktor six big losses (enam kerugian besar) yang mempengaruhi penurunan tingkat produktivitas.

Berdasarkan hasil penelitian tingkat produktivitas ,nilai tertinggi terjadi pada bulan September dan nilai paling rendah pada bulan Januari. Tingkat produktivitas stasiun press belum memenuhi standar ideal yang telah ditetapkan oleh JIPM. Faktor six big losses yang berpengaruh terhadap produktivitas stasiun press yaitu faktor reduce speed yang menyebabkan kecepatan performasi mesin-mesin mengalami penurunan selama proses produksi.

 

Kata Kunci:   Availability Sistem, Overall Equipment Effectiveness (OEE)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.