STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN SPAREPART DAN AKSESORIS HANDPHONE PADA TOKO MO STAR MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM
Abstract
Toko Mo star merupakan salah satu toko yang menjual produk berupa sparepart dan aksesoris handphone di Kota Pontianak. Toko Mo star melakukan penjualan melalui toko fisik maupun online. Saat ini perusahaan mengalami permasalahan yaitu menurunnya omset penjualan pada beberapa tahun terakhir yaitu pada tahun 2018-2020. Melalui identifikasi dan wawancara, permasalahan terjadi karena pihak manajemen toko belum melakukan pemasaran dengan baik dan banyaknya kompetitor di pangsa pasar yang sama. Penurunan pendapatan toko Mo star bertentangan dengan data perkembangan teknologi yang cenderung mengalami kenaikan. Permasalahan yang dihadapi membutuhkan penanganan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi perusahaan kemudian merumuskan alternatif strategi yang cocok untuk meningkatkan penjualan dan mengatasi persaingan kemudian terakhir memilih strategi terbaik menggunakan metode QSPM.
Metode yang digunakan untuk menentukan posisi perusahaaan yaitu analisa SWOT dengan mengidentifikasi kemampuan internal dan eksternal perusahaan. kemudian alat yang digunakan untuk merumuskan alternatif strategi perusahaan yaitu matriks SWOT berdasarkan pada posisi perusahaan yang bertujuan untuk memaksimalkan kekuatan, mengurangi kelemahan, menepis ancaman serta mengeksploitasi peluang yang dimiliki. Kemudian tahap akhir dari perumusan strategi adalah pemilihan strategi terbaik menggunakan Metode QSPM yang bertujuan untuk memperoleh alternatif strategi terbaik yang dapat diimplementasikan toko Mo star berdasarkan arah kebijakan dan kondisi nyata perusahaan tersebut.
Penentuan posisi perusahaan berdasarkan analisa SWOT didapatkan total nilai S-O yaitu 3,66, total nilai S-T 3,48, total nilai W-O 2,83 dan total nilai W-T 2,64 sehingga dari nilai-nilai tersebut toko Mo star berada pada kuadran I atau posisi Agresif. Karna nilai S-O merupakan nilai tertinggi maka Startegi S-O terpilih sebagai alternatif strategi pemasaran yang cocok untuk toko Mo star. Berdasarkan strategi S-O terdapat 5 alternatif strategi dengan memanfaatkan kekuatan untuk meraih peluang yang ada. Selanjutnya untuk tahap akhir yaitu merupakan pemilihan strategi terbaik yang dapat dijalankan toko Mo star dengan menggunakan quantitative strategic planning matriks (QSPM) didapatkan strategi terbaik yaitu pada startegi I dengan skor 0,732.
Kata kunci: Agresif, Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.