PENJADWALAN DISTRIBUSI PADA PD. XYZ DENGAN MODEL STOCHASTIC VEHICLE ROUTING PROBLEM (SVRP) MENGGUNAKAN METODE SOLUSI MODIFY SAVING HEURISTIC

Anddar Rezki Pradana, Mohamad Sofitra, Noveicalistus H Djanggu

Abstract


Jumlah permintaan konsumen PD. XYZ yang bersifat stokastik menjadi masalah bagi perusahaan karena sulit dalam menentukan banyaknya permintaan yang harus disediakan dan jadwal distribusi produk yang harus disusun. Permasalahan pendistribusian produk dengan permintaan yang bersifat stokastik seperti ini dikenal sebagai Stochastic Vehicle Routing Problem (SVRP). SVRP sebagai mana VRP adalah permasalahan yang termasuk dalam kategori NP-hard dimana metode solusi eksak sulit diharapkan dalam waktu yang singkat dapat menyelesaikan permasalahan nyata dengan ukuran permasalahan yang cukup besar. Untuk itu dapat digunakan metode solusi heuristik sebagai alternatif bagi pencarian solusi dengan kualitas yang cukup baik seperti metode Clarke and Wright Saving Heuristic with Penalty Function atau juga dikenal dengan istilah Modify Saving Heuristic Algorithm (MSH). Metode yang menyusun suatu jadwal distribusi dengan tujuan meminimalisir total ongkos distribusi dengan mempertimbangkan peluang permintaan pelanggan yang gagal. Dalam penelitian ini, dikembangkan metode solusi heuristik menggunakan algoritma MSH bagi permasalahan PD. XYZ. Algoritma tersebut telah diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman Python.

Hasil solusi jadwal distribusi yang diperoleh dengan menggunakan algoritma MSH ini yaitu jadwal distribusi truk dengan total ongkos distribusi sebesar Rp. 354.311,67 /hari, lebih hemat dibandingakan dengan total ongkos distribusi rute existing yaitu sebesar Rp. 376.002,114 /hari.

Kata kunci: PD. XYZ, Stochastic Vehicle Routing Problem, Modify Saving Heuristic Algorithm, Python.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.