PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SECARA ONLINE DI TOKO PAKAIAN BRAINWASH GRAPHIC
Abstract
Brainwash Graphic merupakan salah satu toko pakaian yang berada di Kota Pontianak. Toko ini berdiri pada tahun 2019. Selama satu tahun berdiri, toko ini telah melakukan beberapa penjualan, baik secara offline maupun secara online. Permasalahan yang terjadi pada Brainwash Graphic yaitu rendahnya jumlah penjualan yang dilakukan secara online. Pemasaran secara online sebelumnya telah dilakukan di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Meski demikian, jumlah penjualan yang dilakukan masih tergolong kecil. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan penelitian terhadap minat beli konsumen secara online. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linier Berganda. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu melakukan pengumpulan data. Data yang diperlukan didapat dari penyebaran kuesioner. Selanjutnya dilakukan pengolahan terhadap data hasil kuesioner tersebut. Pengolahan yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis serta koefisien determinasi. Pengolahan tersebut dilakukan dengan menggunakan software SPSS. Berdasar kan hasil uji simultan dan uji parsial, bahwa variabel harga dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat beli konsumen secara online. Adapun pengaruh yang diberikan variabel harga dan promosi terhadap variabel minat beli konsumen secara online yaitu sebesar 0,569 atau 56,9%. Adapun 43,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak terdapat pada penelitian.
Kata Kunci: Regresi Linier Berganda, Harga, Minat Beli Konsumen, Promosi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.