PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK NIKI ENAK DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT

Suparmanto Suparmanto

Abstract


CV. Dua Putri Kembar merupakan salah satu UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) yang memproduksi makanan ringan dengan nama produk Niki Enak. Banyaknya produsen dan pesaing baru dalam memperebutkan pasar, sehingga diperlukan upaya bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan agar dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal pada CV. Dua Putri Kembar, (2) Menghasilkan rekomendasi strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh CV. Dua Putri Kembar menggunakan Analisis SWOT (strength-weakness-opportunity-threat), (3) Menentukan prioritas strategi bagi CV. Dua Putri Kembar menggunakan QSPM (quantitative strategic planning matrix)
Analisis data dilakukan menggunakan matriks IFE (internal factor evaluation), matriks EFE (external factor evaluation), matriks IE (internal-external), matriks SWOT dan matriks QSPM untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada perusahaan serta menghasilkan strategi pemasaran yang sesuai bagi perusahaan.
Hasil dari matriks IFE menunjukkan bahwa kekuatan utama perusahaan adalah kualitas produk yang dihasilkan terjamin dengan skor 0,379 dan kelemahan utama perusahaan yaitu pemasaran dan promosi yang belum maksimal dengan skor 0,215. Hasil dari matriks EFE menunjukkan bahwa peluang terbesar bagi perusahaan adalah minat konsumen yang tinggi dengan skor 0,414 dan ancaman terbesar bagi perusahaan yaitu persaingan dari luar semakin ketat dengan skor 0,188. Penilaian matriks IE menunjukkan posisi CV. Dua Putri Kembar berada pada kuadran V. Hasil dari analisis SWOT diperoleh enam alternatif strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan dan dengan matriks QSPM diperoleh strategi yang diprioritaskan bagi perusahaan yaitu menjaga dan meningkatkan kualitas produk yang sudah ada dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan nilai TAS tertinggi yaitu 6,861.


Kata Kunci: Analisis SWOT, Pemasaran, QSPM, UMKM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.