IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO PROYEK PADA PT. XX DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HOUSE OF RISK (HOR) BERDASARKAN ISO 31000: 2018

Agustinus Ronny

Abstract


Pada pelaksanaan pekerjaan proyek pembangunan gedung sangat sarat dengan risiko yang berdampak negatif terhadap sasaran atau nilai-nilai yang ingin dicapai baik pihak perusahaan maupun owner. Risiko tersebut antara lain mencakup terhadap waktu (terjadi keterlambatan), biaya (pembengkakan biaya), mutu (tidak sesuai spesifikasi), serta kesehatan dan keselamatan pekerja dalam melaksanakan pekerjaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan House of Risk (HOR). Pendekatan ini terbagi menjadi 2 fase, yaitu HOR 1 dan HOR 2. Pada HOR fase 1, yaitu melakukan identifikasi kejadian risiko (risk event) dan pemicu risiko (risk agent). Setelah data identifikasi kejadian risiko (risk event) dan pemicu risiko (risk agent) terkumpul, kemudian dilakukan wawancara terhadap koordinator atau perwakilan dari masing-masing bidang pekerjaan untuk memberikan penilaian terhadap tingkat dampak (severity) dari kejadian risiko (risk event), tingkat kemungkinan (occurrence) dari pemicu risiko (risk agent), dan penilaian korelasi antara kejadian risiko (risk event) dan pemicu risiko (risk agent). Kemudian menghitung nilai Aggregate Risk Potential (ARP) dari tiap-tiap item pemicu risiko (risk agent), dan dilakukan evaluasi risiko atau analisis data menggunakan Diagram Pareto. Sedangkan pada HOR fase 2 yaitu, memilih opsi perlakuan risiko pada pelaksanaan proyek pembangunan gedung kuliah Santo Agustinus, Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri (STAKatN) Pontianak tahap 2 berdasarkan ISO 31000: 2018 yaitu, melakukan aksi mitigasi (mitigation action) untuk perlakuan risiko dari hasil pengolahan data atau output dari HOR fase 1.

Hasil pada House of Risk (HOR) fase 1 yaitu terdapat 70 item kejadian risiko (risk event) dan 81 item pemicu risiko (risk agent) yang teridentifikasi dari 19 bidang pekerjaan. Output dari House of Risk (HOR) fase 1 yaitu terdapat 16 item pemicu risiko (risk agent) yang akan dilakukan perlakuan risiko pada tahap selanjutnya. Kemudian hasil pada House of Risk (HOR) fase 2, yaitu terdapat 18 item rekomendasi aksi mitigasi (mitigation action) berdasarkan hasil identifikasi dan koordinasi yang telah dilakukan kepada pihak PT. XX.

Kata Kunci: Bangunan Gedung, House of Risk, Manajemen Risiko ISO 31000: 2018, Proyek, Risiko


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.