Analisis Implementasi Supplier Relationship Management pada UMKM dan Perannya Terhadap Kualitas Pemasok dan Kinerja UMKM di Indonesia

Paradaisy Pidy Paragony, Mohamad Sofitra, Dedi Wijayanto

Abstract


Pemasok memiliki peranan penting dalam berjalannya suatu usaha. Dalam Supply Chain Management (SCM) terdapat proses bisnis yang berfokus terhadap pengelolaan hubungan suatu perusahaan dengan pemasoknya, yaitu Supplier Relationship Management (SRM). Pada sejumlah penelitian terdahulu, penerapan SRM ini telah terbukti memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan. Namun, penelitian terkait SRM yang telah dilakukan pada umumnya hanya dilakukan terhadap perusahaan besar. Padahal, perekonomian di Indonesia hingga saat ini masih sangat didominasi oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Mengingat adanya perbedaan dalam pola relasi pembelian antara pembeli dan pemasok pada perusahaan besar dengan perusahaan kecil, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeksplorasi peran dari implementasi SRM terhadap kualitas pemasok dan kinerja usaha UMKM di Indonesia. Dari penelitian ini juga diharapkan dapat menghasilkan usulan terkait aktivitas SRM yang dapat diterapkan oleh UMKM sehingga dapat meningkatkan kualitas pemasok dan kinerja usahanya.

Penelitian ini dilakukan dari perspektif UMKM sebagai buyer firm. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner pada pelaku UMKM di Indonesia dan memperoleh 171 tanggapan yang dapat diolah. Praktik SRM yang diteliti dalam penelitian ini adalah identifikasi key supplier, information sharing, decision synchronization dan evaluasi supplier. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis model dalam penelitian ini adalah PLS-SEM dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS v3. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, dilakukan pengujian reliabilitas dan validitas model pengukuran dan model struktural. Dari hasil evaluasi model pengukuran dan model struktural, maka diperoleh model akhir yang kemudian digunakan untuk pengujian hipotesis.

Pengujian hipotesis pada penelitian ini memberikan hasil bahwa praktik SRM secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pemasok, dan kualitas pemasok memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. Dari keempat praktik SRM yang diuji pada penelitian ini, diperoleh hasil bahwa supplier evaluation memiliki efek terbesar terhadap kualitas pemasok, sedangkan information sharing memiliki efek terendah terhadap kualitas pemasok.

Kata Kunci: PLS-SEM, Supplier Relationship Management, UMKM, Supplier.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.