STRATEGI PEMASARAN PRODUK AMDK MEREK FOR3 PADA KONSUMEN DI KALIMANTAN BARAT MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

Erika Rahman, Tri Wahyudi, Silvia Uslianti

Abstract


Banyaknya industri AMDK dengan berbagai merek di Kalimantan Barat merupakan suatu tantangan tersendiri bagi PT. Meteor Perkasa dalam memasarkan produk AMDK for3 yaitu perusahaan mengalami kesulitan tersendiri dalam memasarkan produknya dikarenakan banyaknya kompetitor dan kendala teknis berupa kesulitan dalam kepatuhan kontrak bisnis yang dilakukan dengan agen-agen yang ada sehingga diperlukan upaya strategi dan manajemen pemasaran yang baik bagi perusahaan untuk memasarkan produknya agar kinerja perusahaan tetap baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rumusan strategi pemasaran dan rekomendasi strategi yang dapat digunakan oleh PT Meteor Perkasa dalam meningkatkan kinerja penjualan AMDK for3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif yang didapatkan dari dalam perusahaan (internal) maupun dari luar perusahaan (eksternal). Pengambilan data dilakukan dengan studi observasi dan wawancara melalui pengisian kuisioner kepada pihak manajemen PT. Meteor Perkasa. Analisis data dilakukan menggunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, serta menghasilkan strategi pemasaran yang baik untuk perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi yang dapat digunakan oleh PT. Meteor Perkasa dalam memasarkan AMDK for3 dengan memanfaatkan lokasi yang strategis dan memperluas wilayah distribusi guna menarik pelanggan potensial, mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk, meningkatkan kualitas SDM yang handal, menambah jaringan distribusi untuk menambah jumlah penjualan, menambah kendaraan untuk meningkatkan cakupan distribusi dan mencari pangsa pasar yang lebih besar dengan melakukan penetrasi pasar, meningkatkan promosi AMDK for3 pada masyarakat, serta meningkatkan kapasitas produksi AMDK for3.

 

Kata kunci: AMDK, Pemasaran, QSPM, Strategi, SWOT.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.