Rancang Bangun Alat Bantu Pemindah Paving Untuk Mengurangi Potensi Resiko Cedera Pada Pekerja CV Daya Mandiri

Oktavianus Dedy Hartanto

Abstract


CV. Daya Mandiri merupakan pabrik yang bergerak dibidang percetakan batako dan paving yang ada di Pontianak. Jenis produk yang dihasilkan pada pabrik berupa ; batako, paving block, dan trotoar. Aktivitas material handling pada pabrik tersebut masih menggunakan cara manual dengan tenaga manusia. Berdasarkan kuesioner nordic body map yang telah disebar, terdapat keluhan yang dialami pekerja, 10 dari 12 pekerja mengalami nyeri yang sama yaitu pada otot skeletal bagian pinggang yang membahayakan pekerja. Penelitian ini, dibuat suatu rancang bangun alat yang dapat membantu pekerja dalam proses pengangkutan paving.

Rancang bangun alat bantu menggunakan pendekatan antopometri. Data yang digunakan yaitu data antropometri 12 pekerja di CV Daya Mandiri. Data antropometri yang menjadi dasar penentuan dimensi rancangan yaitu tinggi siku berdiri, lebar sisi bahu, dan lebar telapak tangan. Tahap-tahap perancangan meliputi dasar-dasar perancangan produk mulai dari identifikasi produk, penetapan spesifikasi target, penentuan dimensi rancangan, pembuatan gambar, dan perencanaan pengoperasian alat bantu pemindah paving.

Analisa hasil perhitungan persentil yang digunakan dalam perancangan yaitu, tinggi siku berdiri persentil 5, lebar sisi bahu persentil 95, dan lebar telapak tangan persentil 95 perbandingan hasil kuesioner nordic body map sebelum dan sesudah menggunakan alat yaitu adanya penurunan tingkat keluhan pada otot pinggang dari 95% turun menjadi 66%.Perbandingan waktu proses pengangkutan berdasarkan pengujian dan pengoperasian alat kondisi saat penggunaan alat bantu menghasilkan waktu proses yang lebih lama dibandingkan saat mengangkut secara manual yaitu berbeda 10 detik.

 

Kata kunci : antropometri, nordic body map, material handling, paving.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.