HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) PT. XYZ

Rabiatul Adawiyah

Abstract


Era globalisasi merupakan era yang menuntut kemampuan dan keahlian masyarakat dalam menghadapi persaingan perindustrian. Kinerja merupakan salah satu bagian dari Sumber Daya Manusia (SDM), dimana hal ini diperlukan agar suatu industri atau perusahaan mampu menghadapi arus globalisasi khususnya dalam memenuhi target perusahaan dengan kualitas mutu yang terbaik. PT. XYZ menghasilkan berbagai produk minyak nabati yaitu CPO (Crude Palm Oil) dan kernel. Pabrik ini menghasilkan produk olahan dengan kapasitas 45 ton TBS/jam. Permasalahan yang terjadinya penurunan kinerja karyawan disebabkan adanya miscommunication antar atasan dalam hal pembagian perintah kerja terhadap karyawan.

Pada tahapan pengumpulan data melakukan menyebarkan kuesioner di tiga bagian departemen jumlah populasi sebanyak 103 orang karyawan, untuk jumlah responden yang dibutuhkan 82 orang karyawan di pabrik kelapa sawit PT. XYZ. Variabel yang digunakan dalam penelitian ada tiga variabel bebas yaitu variabel kepemimpinan direktif (X1), kepemimpinan partisipatif (X2) dan kepemimpinan berorientasi prestasi (X3), sedangkan untuk variabel terikatnya yaitu variabel kinerja karyawan (Y). Setelah data semuanya dikumpul lanjut mengolah data dengan software SPSS versi 25 kemudian melakukan pengujian dengan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi liner berganda, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis.

Hasil  pengolahan data dengan pengujian hipotesa regresi dari hasil uji simultan dimana nilai F hitung > F tabel (7.910 > 2.722) dengan nilai sig. < α (0.000 < 0.05), maka H0 ditolak. Ini menunjukkan bahwa variabel bebas (hubungan kepemimpinan) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (kinerja karyawan). Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberi mempertimbangkan dalam mengambilan keputusan bagi perusahaan terkait tingkat kinerja karyawan.

 

Kata kunci : analisa regresi linear berganda, kepemimpinan, kinerja karyawan, miscommunication, sumber daya manusia.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.