PENJADWALAN ULANG PENJEMPUTAN SAMPAH RUMAH TANGGA AKIBAT DATANGNYA PERMINTAAN PENJEMPUTAN BARU SECARA REALTIME PADA ANGKUTS

Ian Rido Rumahorbo

Abstract


PT. Angkuts Indonesia merupakan perusahaan teknologi atau start-up yang fokus di bidang pengelolaan sampah dengan jumlah pelanggan tetap yang terus meningkat. Namun dalam hal pengumpulan sampah, para driver masih mengalami beberapa masalah, menyebabkan pengumpulan sampah tidak berjalan optimal. Tujuan penelitian yaitu melakukan simulasi jika berkembangnya perusahaan menuntut driver agar dapat menerima permintaan penjemputan sampah baru secara real-time serta dapat melakukan penjadwalan ulang rute penjemputan sampah yang optimal. Metode yang digunakan untuk melakukan simulasi penjadwalan ulang rute pengangkutan sampah yaitu metode vehicle routing problem.

Data yang primer pada penelitian ini yaitu rute awal penjemputan atau depot, jumlah titik pelanggan yang diinginkan berikut titik koordinat masing-masing, jarak tempuh antar titik pengantaran, serta skenario permintaan baru. Data-data tersebut kemudian diolah menggunakan software large neighborhood search dengan menginput titik koordinat pelanggan. Hasil yang didapat berupa rute masing-masing driver pada setiap skenario yang kemudian dapat di analisa.

Analisa dilakukan dengan membandingkan kedua hasil skenario,  yaitu skenario tersebar dan berdekatan serta jarak yang di tempuh masing – masing driver. Hasil penelitian yang didapatkan adalah mendapatkan jadwal baru pada setiap driver berdasarkan perhitungan kedua skenario yaitu skenario I dan skenario II.

Kata kunci : large neighborhood search, penjadwalan ulang penjemputan sampah, vehicle routing problem.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.