TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SUBBAG PENDIDIKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS XYZ

Agus Saputra

Abstract


Pelayanan administrasi akademik Fakultas Teknik Universitas XYZ dilaksanakan oleh SubBag Pendidikan. Pelayanan administrasi akademik adalah salah satu kunci pendukung terwujudnya pendidikan yang berkualitas, hal ini berkaitan dengan fungsinya yang secara langsung memberikan layanan kepada mahasiswa. Tujuan di dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan SubBag Pendidikan Fakultas Teknik Universitas XYZ.

Sampel yang digunakan di dalam penelitian ini berjumlah 331 responden. Tanggapan responden dikumpulkan dengan cara pemberian kuesioner kepada responden yang dipilih secara random, namun dengan jumlah dan karakteristik responden yang telah ditentukan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode customer satisfaction index (CSI) dan importance performance analysis (IPA). Langkah-langkah penelitian ini meliputi studi lapangan, studi literatur, perumusan masalah, penentuan tujuan, identifikasi variabel, pengumpulan data, penentuan jumlah sampel, uji validitas dan reliabilitas, penentuan nilai kepuasan dengan metode CSI, penentuan tingkat kepentingan atribut kepuasan dengan metode IPA, analisa dan pembahasan serta kesimpulan dan saran.

Hasil pengolahan data menunjukkan nilai kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan administrasi akademik Fakultas Teknik Universitas XYZ sebesar 61,88% atau berada pada level cukup puas. Prioritas perbaikan yang dipetakan dengan menggunakan diagram kartesius menunjukkan terdapat 6 atribut pada kuadran I, 2 atribut pada kuadran II, 2 atribut pada kuadran III dan 5 atribut pada kuadran IV.

 

Kata Kunci - Customer Satisfaction Index (CSI), Importance-Performance Analysis (IPA), Kepuasan Mahasiswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.