Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Bertempat Tinggal bagi Penduduk yang Belum Mempunyai Tempat Tinggal Pribadi di Kota Pontianak

Rokiman - -

Abstract


Kebutuhan rumah sebagai tempat tinggal terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga akan mengakibatkan fenomena urbanisasi dan kekurangan tata ruang kota. Penggunaan lahan yang paling banyak adalah lahan pertanian dengan persentase 49,9%, kemudian dilanjutkan lahan permukiman dengan persentase 34,2%. Target penelitian ditujukan kepada pegawai Untan dikarenakan masih banyak pegawai yang berasal dari luar kota dan belum mempunyai tempat tinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor bertempat tinggal bagi penduduk belum mempunyai tempat tinggal pribadi, serta mengetahui pengaruh dan hubungan pengambilan keputusan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif menggunakan analisis chi-square untuk menganalisis perbandingan hubungan antara variable lingkungan, sarana dan prasarana, serta akses menuju tempat kerja terhadap pengambilan keputusan dan linear regression untuk menghitung besarnya pengaruh dari variable tersebut. Penggunaan dua variabel ini adalah untuk mempermudah dalam mengetahui perbandingan hubungan dan pengaruh secara lengkap.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga variabel yaitu lingkungan, sarana dan prasarana serta akses menuju tempat kerja berpengaruh signifikan (P<0,005) terhadap pengambilan keputusan. Sedangkan hasil hubungan dari ketiga variable menunjukan bahwa konsumen menginginkan kondisi lingkungan yang nyaman, sarana dan prasarana yang lengkap, serta jarak akses menuju tempat kerja yang dekat. Objek penelitian terdiri dari 3 tipe yaitu 36, 45, dan 60 dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden. Berdasarkan dari karakteristik rumah, konsumen menginginkan rumah dengan tipe 45 dengan persentase (53%), tipe 30 dengan persentase (31,3%) dan tipe 60 dengan persentase (15,1%). Identifikasi variable yang didapatkan yaitu penduduk yang bersifat bebas untuk semua kalangan, lingkungan bebas banjir, tersedia tempat pendidikan anak, adanya balai pengobatan, tersedia tempat ibadah, adanya pos ronda, jalan yang beraspal, adanya jaringan telepon dan wifi, terjaminnya air bersih, jarak yang dekat dengan transportasi umum.
 
Kata Kunci: faktor-faktor bertempat tinggal, chi-square, linear regression


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.