SIMULASI SISTEM LALU LINTAS SIMPANG EMPAT PAJAK KOTA PONTIANAK DENGAN MEMPERHATIKAN TITIK KRITIS
Abstract
Lalu lintas Simpang Empat Pajak Kota Pontianak merupakan persimpangan yang terletak di tengah-tengah Kota Pontianak, dimana persimpangan tersebut merupakan salah satu persimpangan yang padat di Kota Pontianak. Menurut Polresta Pontianak Kota dalam laporan Troublespot Tahun 2017 menuliskan bahwa lalu lintas Simpang Empat Pajak Kota Pontianak merupakan salah satu simpang empat yang macet dan rawan kecelakaan. Ada tiga permasalahan yang terjadi pada lalu lintas Simpang Empat Pajak Kota Pontianak yaitu: terjadi penyempitan jl KHA Dahlan, terlalu dekat simpang jl Teuku Umar dan Simpang Empat Pajak, arus lalu lintas sama padat dari tiga arah yaitu jl Sultan Abdurrahman, jl Jendral Ahmad Yani, dan jl Gusti Sulung Lelanang.
Solusi alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan metode simulasi yaitu dengan membuat kondisi existing ke dalam bentuk desain tiruan menggunakan bantuan software arena. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pembuatan model simulasi berdasarkan sistem nyata, pengisian logika pada tiap modul, pengujian verifikasi model, menjalankan model simulasi, dan membuat skenario perbaikan yang terdiri dari dua skenario untuk mendapatkan skenario yang optimal.
Berdasarkan hasil penelitian di Simpang Empat Pajak Kota Pontianak, didapatkan skenario perbaikan alternatif yang paling baik. Skenario 4 terpilih untuk mengatasi kemacetan pada persimpangan tersebut. Skenario 4 dilakukan dengan cara membuat Jalan Fly Over untuk kendaraan dari jl Sultan Abdurrahman yang menuju ke jl Jendral Ahmad Yani sehingga lampu lalu lintas pada jl Sultan Abdurrahman dihilangkan. Model skenario 4 dapat mengurangi WIP atau penumpukan kendaraan sebanyak 43.41% dari 178.73 menjadi 77.76, mengurangi Waiting Time sebanyak 52.30% dari 574.38 detik menjadi 300.45 detik, dan menambah Output Kendaraan sebanyak 0.09% dari 11.773 unit menjadi 11.820 unit.
Kata Kunci : Kemacetan, Simulasi Lalu Lintas, Software Arena
Solusi alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan metode simulasi yaitu dengan membuat kondisi existing ke dalam bentuk desain tiruan menggunakan bantuan software arena. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pembuatan model simulasi berdasarkan sistem nyata, pengisian logika pada tiap modul, pengujian verifikasi model, menjalankan model simulasi, dan membuat skenario perbaikan yang terdiri dari dua skenario untuk mendapatkan skenario yang optimal.
Berdasarkan hasil penelitian di Simpang Empat Pajak Kota Pontianak, didapatkan skenario perbaikan alternatif yang paling baik. Skenario 4 terpilih untuk mengatasi kemacetan pada persimpangan tersebut. Skenario 4 dilakukan dengan cara membuat Jalan Fly Over untuk kendaraan dari jl Sultan Abdurrahman yang menuju ke jl Jendral Ahmad Yani sehingga lampu lalu lintas pada jl Sultan Abdurrahman dihilangkan. Model skenario 4 dapat mengurangi WIP atau penumpukan kendaraan sebanyak 43.41% dari 178.73 menjadi 77.76, mengurangi Waiting Time sebanyak 52.30% dari 574.38 detik menjadi 300.45 detik, dan menambah Output Kendaraan sebanyak 0.09% dari 11.773 unit menjadi 11.820 unit.
Kata Kunci : Kemacetan, Simulasi Lalu Lintas, Software Arena
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.