INTEGRASI SOLAR HOME SYSTEM DENGAN JARINGNA LISTRIK PLN MENGGUNAKAN KENDALI RELAY DAN KONTAKTOR MAGNET

Wiranto .

Abstract


Di negara kita Indonesia yang memiliki iklim tropis, pemanfaatan energi surya sangatlah memungkinkan untuk diaplikasikan.Khususnya wilayah kota Pontianak, potensi pemanfaatan energi surya sebagai alternatif untuk menghasilkan energi listrik sangatlah mendukung, karena  berdasarkan segi geografisnya kota Pontianak, Kalimantan Barat terletak pada posisi 0°02'24" lintang utara dan 0°05'37" lintang selatan, ditunjang lagi dengan posisi kota yang di lewati oleh garis khatulistiwa sehingga memiliki intensitas cahaya matahari yang baik. Skripsi ini membahas tentang Integrasi Solar Home System Dengan Jaringan Listrik PLN Menggunakan Kendali Relay dan Kontaktor magnet, yang mana dengan mengintegrasikan solar home system dengan sumber energi listrik yang telah tersedia (PLN) diharapkan untuk dapat menghemat atau mengatasi kebutuhan akan energi listrik serta memeperoleh kontinuitas energi listrik yang selalu tersedia untuk rumah tinggal di kota pontianak,.

Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan perancangan sistem kendali dan mengujianya, kemudian dilakukan pengukuran untuk sistem secara keseluruhan.Dan dilakukan analisis data serta analisis teknologi.

Dari hasil pengukuran/pengujian yang dilakukan menunjukan bahwa, untuk setting saklar tegangan batas atas  26.8V batas bawah 23.8 V, solar home system dengan kapasitas 100 Wp dapat digunakan untuk menyuplai beban 255 watt selama lebih kurang 40-50 menit dengan lama rentang waktu pengisian baterai kurang lebih 180 menit. Untuk setting saklar tegangan batas atas 25.8V batas bawah 23.8 V, solar home system dengan kapasitas 100 Wp dapat digunakan untuk menyuplai beban 255 watt selama lebih kurang 15-20 menit dengan lama rentang waktu pengisian baterai kurang lebih 40-60 menit. Faktor cuaca dan besarnya beban yang digunakan sangat  berpengaruh terhadap lamanya operasi solar home system dalam menyuplai beban. Dan dari hasil pengujian/pengukuran ini menunjukan bahwa Sistem kendali relay dan kontaktor magnet dapat bekerja dengan baik namun masih memiliki kelemahan yaitu terjadinya kedip lampu saat peralihan.(meskipun kedipnya terjadi sangat cepat). Kata Kunci: Integrasi Solar Home System Dengan Jaringan Listrik PLN,Kendali Relay dan Kontaktor magnet,Saklar Sensor Tegangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office/Publisher Address:

Editor Jurnal jteuntan, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura,
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia

website : http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan
email : elektrountan1@gmail.com

Support Contact

Dewi Lestari, ST