MODEL DUA SIMPUL DARI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN UNTUK ANALISIS ALIRAN DAYA

Rio Afrizal Arianto .

Abstract


Angin merupakan energi terbarukan yang paling cepat perkembangan teknologinya dibandingkan jenis energi terbarukan lainya. Walaupun penggunaan energi angin sebagai sumber energi listrik, namun dengan meningkatnya integrasi PLTAn pada sistem tenaga listrik dapat menimbulkan masalah operasional pada sistem tersebut. Oleh karena itu Model dua-simpul pembangkit listrik tenaga angin untuk analisis aliran daya diperlukan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan pada sistem tersebut.

Pembangkit divariasikan letaknya pada sistem 5-bus, kemudian model sistem tenaga tersebut dimodifikasi dengan menambahkan turbin angin pada sistem, pembangkit yang digunakan adalah generator induksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Newton-Raphson dan bantuan Program MATLAB untuk menghitung aliran daya pada sistem. Dimana perhitungan ini digunakan untuk mengetahui pengaruh PLTAn terhadap sistem tenaga. Dengan menggunakan model-dua simpul, intergrasi PLTAn hanya akan menambahkan satu bus, satu elemen seri, dua elemen shunt dan satu beban pada jaringan sistem tenaga tersebut.

Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah dengan menambahkan turbin angin pada sistem dapat menambah kapasitas daya yang dibangkitkan pada sistem,. Namun dampak yang ditimbulkan dari pemodelan ini adalah profil tegangan sistem menjadi tidak bagus, sehingga pada turbin angin ditambahkan kapasitor bank untuk mensuplay daya reaktif untuk generator induksi. Setelah penambahan kapsitor bank pada turbin angin tegangan yang terjadi pada bus lebih bervariasi dan dapat memperbaiki profil tegangan sistem.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office/Publisher Address:

Editor Jurnal jteuntan, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura,
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia

website : http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan
email : elektrountan1@gmail.com

Support Contact

Dewi Lestari, ST