ANALISIS UNJUK KERJA JARINGAN 3G (UMTS) MENGGUNAKAN METODE DRIVE TEST “VOICE MODE”

Muhammad Nizam .

Abstract


Teknologi 3G UMTS (3rd Generation Universal Mobile Telecomunication System) atau yang lebih dikenal dengan WCDMA (Wideband Code-Division Multiple Access), perkembangan teknologi WCDMA diharapkan mampu mengakomodasi berbagai macam layanan paket data berkecepatan tinggi pada jaringan dan alokasi frekuensi yang telah ada. Untuk itu pada penerapan jaringan WCDMA diperlukan perancangan yang sangat matang dan optimasi jaringan sehingga dapat menghasilkan jaringan yang optimal dan menguntungkan. Pada tugas akhir ini dilakukan pengukuran unjuk kerja jaringan 3G UMTS berdasarkan KPI (Key Performance Indicators). Proses pengerjaan difokuskan pada area yang rute clusternya sudah ditentukan di daerah Kota Pontianak. Untuk mengetahui masalah yang ada, diperlukan data cluster berupa Packet Data Statistic dan Audio/Video Call statistic. Kedua data tersebut merupakan parameter tingkat ketahanan hubungan yang terjadi antara layanan data dan layanan suara/gambar. Diperlukan drive test untuk mengetahui nilai RSCP dan Ec/No. Penulis menggunakan data-data yang diperoleh dari hasil lapangan dan dibantu oleh engginer drive test dari Vendor Drive Test Kubik Pontianak. Voice Mode adalah metode dimana handphone yang digunakan melakukan aktifitas menelpon berupa panggilan suara (audio) dan gambar (video call) ke pengguna yang lain, dari hasil analisis didapatkan unjuk kerja jaringan 3G yang diteliti berdasarkan parameter KPI yaitu RSCP, Ec/No yang diperoleh menggunakan software Nemo Analyze, sedangkan CSSR, DCR, CCR dan HOSR diperoleh dengan menggunakan rumus untuk keseluruhan cluster yang yang sudah ditentukan sebelumnya. RSCP sebesar  85,67% dalam kondisi sangat baik, nilai Ec/No sebesar 80,61% dalam kondisi sangat baik, CSSR sebesar 100,00% dalam kondisi sangat baik , DCR sebesar 12,00% dalam kondisi buruk, CCR 6,00% dalam kondisi kurang baik, HOSR sebesar 100% dalam kondisi sangat baik. Khusus item CCR dan DCR menunjukkan kondisi tidak sama dengan standarisasi dari KPI diperlukan Sharing Traffic yang menjalankan prosedur handover atau dengan penambahan Traffic Channel untuk CCR dan untuk DCR diperlukan beberapa metode salah satunya dengan metode Full Rate yaitu menggunakan semua CI untuk mencapai kualitas panggilan yang sangat baik atau bisa juga dengan cara perubahan parameter handover untuk mempercepat handover agar tidak terjadi drop call.

Kata Kunci : Drive Test, Key Performance Indicator, Voice Mode


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office/Publisher Address:

Editor Jurnal jteuntan, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura,
Jl. Prof. Dr. Hadari Nawawi, Pontianak 78124, Indonesia

website : http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jteuntan
email : elektrountan1@gmail.com

Support Contact

Dewi Lestari, ST