PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KERIPIK MAKROS DI KOTA PONTIANAK

Rahimah Khairani, Eva Dolorosa, Novira Kusrini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian produk olahan keripik singkong makros di Kota Pontianak. Penelitian ini dilakukan di Kota Pontianak dalam waktu kurang lebih 3 bulan. Dengan total populasi yang tidak diketahui sehingga untuk sampel penelitian ini diambil berdasarkan pengukuran yang ditetapkan pada penelitian yang menggunakan structural equation modelling (SEM) yaitu 100 responden, pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada analisis structural equation modelling dilakukan dua kali pengujian, dengan hasil uji pertama diketahui bahwa terdapat lima indikator penelitian dalam kondisi tidak valid dan reliabel sehingga indikator variabel tersebut harus dikeluarkan untuk memperoleh hasil valid dan reliabel dengan ketentuan CR ≥ 0,70 dan AVE ≥ 0,50. Setelah dilakukan pengujian kembali diperoleh hasil bahwa secara keseluruhan indikator variabel penelitian dalam kondisi valid dan reliabel. Analisis hubungan antar variabel structural equation modelling (SEM) diketahui bahwa keputusan pembelian produk olahan singkong keripik makros dipengaruhi oleh variabel content creation, dan content sharing dengan nilai T-value masing masing variabel 3,02 >1,98 dan 2,77 >1,98.

Keywords


agro-industry, purchasing decisions, social media

Full Text:

PDF

References


Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran Dan Penjualan Produk Bagi Umkm Di Jawa Timur. ResearchGate, 1-13. doi:10.13140/RG.2.2.10157.95206

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1-14. doi:https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Byrne, B. M. (2012). Structural Equation Modelling With Mplus Basic Concept, Application, and Programming (Ed 2) . New York: Routledge Taylor and Francis Group.

Dunensa, D. L., Ustriyana, I. G., & Arisena, G. M. (2021). Perencanaan Sistem Pemasaran Online Produk Pertanian Melalui E-Marketplace. Agroteknika, 30-42. doi:https://doi.org/10.32530/agroteknika.v4i1.97

Elida, T., & Raharjo, A. (2019). Buku Pemasaran Digital Full Version 4 (keempat). Bogor: IPB Press.

Eliza, Sayamar, E., & Kaswita, C. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Buah Di Pasar Arengka ( Pasar Tradisional Dan Giant Hypermarket (Pasar Modren) Di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia, 15-35. doi:http://dx.doi.org/10.31258/ijae.2.1.15-34

Fachrian, H. A., & Wijaya, I. E. (2018). Aplikasi Model E-Marketplace Dalam E-Agribusiness. Jurnal Ilmu Ilmu Pertanian, 1-14. doi:http://dx.doi.org/10.31942/mediagro.v14i1.2614

Ghozali. (2014). Structural Equation Modelling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS) Edisi 4 . Semarang: Universitas Diponegoro.

Hidayati, N. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosual Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shape Shape Pekanbaru. Pekanbaru: Uiniversitas Islam Riau.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). pengaruh social media marketing, brand awareness terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada J.co donuts dan Coffee semarang. diponegoro journal of social and politic, 1-7.

Kusuma, M. A., Agustono, A., & Setyowati, N. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Gethuk (Studi Kasus Gethuk Semar). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 433- 446. doi:https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.02.20

Mileva, L. (2018, April 23). pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian. Skripsi.

Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2021). pengaruh digital marketing berbasis sosial media terhadap keputusan pembelian kuliner di kawasan g-walk surabaya. jurnal pendidikan tata niaga, 1097-1103.

Ningsih, Y. P., & Hati, S. W. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk ACCU Yuasa Yang Dipromosikan Distributor PT Riau Indotama Abadi di Batam. Journal Of Applied Business Administration, 10-18. doi:https://doi.org/10.30871/jaba.v1i1.1255

Nurliza. (2018). Metode Kuantitatif Bisnis: Analisis Pengambilan Keputusan. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Paul, P. J., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran = Consumer Behavior and Marketing Strategy, Edisi 9. Bogor: Salemba Empat.

Santoso, S. (2011). Structural Equation Modeling (SEM). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sarwono, Y. (2010). Pengertian Dasar Structural Equation Modeling (SEM). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 1-10.

Slamet, G., & Widyowati, L. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Melalui E-Commerce Oleh Mahasiswa Di STIA MITRA Solo. Surakarta Management Journal, 3(1), 43-59.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sukirno, S. (2010). Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta : Rajawali Press.

Suprapti, S. (2010). Perilaku Konsumen. Denpasar: Udayana University Press.

Tarantang, J., & dkk. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Al Qardh, 4, 60-75.

Upadana, M. W., & Pramudana, K. A. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. jurnal manajemen, 1921-1941.

Wicaksono, M. A. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @wisatadakwahokura Terhadap Minat Berkunjung Followers. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4, 1-13. doi:https://media.neliti.com/media/publications/183848

Widaryanti, W. B., & Retnaningsih, R. (2018). Analysis Of Milk Consumption Behavior and Processed Products on IPB Students with AIDA and CRI Methods. Journal Of Consumer Sciences, 50-64. doi:https://doi.org/10.29244/jcs.3.1.50-64




DOI: https://doi.org/10.26418/jspe.v14i1.88149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.