ANALISIS PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KELURAHAN SIANTAN HULU KECAMATAN PONTIANAK UTARA

Andre Apriharyandi Rini Hazriani Ari Krisno Hadi

Abstract


ABSTRAK

Penggunaan lahan merupakan wujud nyata dari pengaruh aktivitas manusia terhadap sebagian fisik permukaan bumi. Daerah perkotaan mempunyai kondisi penggunaan lahan dinamis, sehingga perlu terus dipantau perkembangannya, karena seringkali pemanfaatan lahan tidak sesuai dengan peruntukannya dan tidak memenuhi syarat. Penelitian ini bermaksud untuk memperoleh informasi perubahan penggunaan lahan antara tahun 2004 dan 2013 di Siantan Hulu, dan memetakan perubahannya. Metode penelitian yang digunakan menggunakan Analisis Sistem Informasi Geografis (SIG) terdiri dari : analisis tumpang susun, sentroid, penyangga dan ekstraksi data atribut.

Hasil penelitian menunjukkan pada tahun 2004 perubahan penggunaan lahan yang terbesar adalah semak belukar (318,3 hektar atau 37,18%) dan yang terkecil adalah perkebunan (7,52 hektar atau 0,88%). Di tahun 2013 perubahan penggunaan lahan yang terbesar adalah permukiman (405,86 hektar atau 47,41%), kemudian yang terkecil adalah sawah (9,13 hektar atau 1,07%). Perkembangan permukiman bergeser ke arah barat menuju jalan utama. Sebaran permukiman, diidentifikasi dari sentroidnya yang menunjukkan bahwa pada tahun 2004-2013 dipengaruhi oleh jarak dari jalan utama, yang mana didominasi 0-200 m dari jalan utama. Berdasarkan analisis spasial perencanaan tata ruang wilayah kota, menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan penggunaan lahan dimana perubahan yang terbesar terjadi pada Kawasan Permukiman 229,22 hektar dan yang paling kecil perubahannya adalah Kawasan Jasa Perkantoran 1,47 hektar.

 

Kata Kunci:     Perubahan Penggunaan Lahan, Sistem Informasi Geografis,   Rencana Tata Ruang Wilayah Kota


Refbacks

  • There are currently no refbacks.