PEMETAAN P-TERSEDIA, K-DD, DAN C-ORGANIK TANAH SAWAH DI DESA SUNGAI KAKAP KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA

irfan Riduansyah Feira

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melakukanPemetaan P-tersedia, K-dd dan C-organik tanah  Sawah di Desa Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Dalam Pemetaan ini diharapkan lebih dalam penentuan rekomendasi pemupukan yang tepat sasaran. Berdasarkan hasil perhitungan analisis di Laboratorium yang di dapat dari hasil mengaplikasikan pupuk tersebut bisa sesuai dengan kondisi di lapangan dalam hasil pemetaan P-tersedia, K-dd, dan C-organik.

Metode Penelitian ini dilaksanakan dengan pengambilan sampel tanah. Pengambilan sampel tanah dilakukan dengan metode survei Grid secara komposit pada kedalaman 0-20 cm sebanyak 20 sampel.

Hasil analisis labolatorium menunjukan bahwa kandungan P-tersedia bervariasi yaitu sedang, tinggi, dan sangat tinggi. P- tersedia berkisar antara 23,35 ppm - 44,82 ppm. Kandungan K-dd bervariasi yaitu rendah, sedang, dan tinggi. K-dd berkisar antara 0,13(cmol(+)kgˉˡ) - 0,71(cmol(+)kgˉˡ). Kandungan C-organik bervariasi yaitu tinggi dan sangat tinggi.  C-organik berkisar antara 3,53% - 11,72%.

Berdasarkan hasil analisis di laboratorium, P-tersedia di lokasi penelitian yang tergolong sedang memerlukan penambahan pupuk SP36 yang sesuai dengan tingkat harkat ketersediaanya yakni 106,8 kg/ha. K-dd yang tergolong rendah memerlukan penambahan pupuk  pupuk KCl sejumlah 48,07 kg kcl/ ha dan sedang memerlukan penambahan pupuk KCl sesuai dengan tingkat harkat ketersediaanya yakni 25,98 kg kcl/ ha.

 

Kata Kunci : Pemetaan P-tersedia,K-dd, dan C-organik, Tanah Sawah

  1. Mahasiswa.
  2. Dosen Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.