Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Kerupuk Ikan Belidak di Desa Piasak Kecamatan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu

Maryana Maryana, Eva Dolorosa, Imelda Imelda

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini 1). Untuk mengetahui saluran pemasaran mana yang paling efisien dan memberikan keuntungan terbesar bagi produsen kerupuk ikan belidak. 2). Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi besarnya marjin pemasaran   kerupuk ikan belidak. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja  (purposive) di Desa Piasak Kecamatan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu.

Hasil penelitian menunjukkan, saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I ( produsen –pedagang pengecer – konsumen akhir ), dimana saluran ini memberikan harga yang paling besar bagi produsen dengan persentase Farmer’s Share sebesar 85,71% dan marjin pemasaran yang terkecil 14,28%. keuntungan terbesar terdapat pada saluran pemasaran II Rp.27.418,74/Kg/bln. Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya marjin pemasaran kerupuk ikan belidak di Desa Piasak adalah volume penjualan, harga ditingkat produsen dan jumlah lembaga pemasaran yang dilalui.

 

 

Kata Kunci : Efisiensi Pemasaran, Kerupuk Ikan Belidak, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Profitability Indeks.

 




DOI: https://doi.org/10.26418/jspe.v3i2.5889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.