UJI KEMAMPUAN ISOLAT BAKTERI AZOTOBACTER DARI RHIZOSFER BERBAGAI MACAM TANAMAN PADA LAHAN GAMBUT TERHADAP SERAPAN NITROGEN OLEH TANAMAN PADI (Oryza sativa L)

Siti Widia Prihatin

Abstract


ABSTRAK

 

Gambut terutama yang berada di daerah tropis memiliki sifat fisika, kimia dan biologi tertentu yang mencerminkan ciri khas dari tanah tersebut.Sifat-sifat yang menjadi ciri khas dari gambut tersebut adalah pH relatif rendah. Nitrogen merupakan unsur hara utama yang dibutuhkan oleh semua tanaman untuk mencapai pertumbuhan dan hasil yang optimal. Diantara satu bakteri penambat nitrogen adalah bakteri Azotobacter. Azotobacter merupakan salah satu bakteri penambat nitrogen aerobik non- simbiotik yang mampu menambat nitrogen dalam jumlah yang cukup tinggi dan membuat nitrogen tersedia untuk semua tumbuhan.

Secara alamiah tanah gambut memiliki tingkat kesuburan rendah, karena kandungan unsur haranya rendah dan mengandung beragam asam - asam organik yang sebagian bersifat racun bagi tanaman. Gambut yang kekurangan unsur hara N pada umumnya jika diberi pupuk N, tanaman yang tumbuh pada gambut akan merespon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan isolat bakteri azotobacter dari rhizosfer berbagai macam tanaman terhadap serapan N2 pada tanaman padi dan untuk membandingkan kemampuan isolat azotobacter yang di isolasi dari rhizosfer berbagai macam tanaman di lahan gambut terhadap serapan N2 pada tanaman padi. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari satu faktor perlakuan dan tiga ulangan, yaitu isolat bakteri Azotobacter yang terdiri dari 7 taraf. Total jumlah semuanya terdapat 21 unit percobaan. Berdasarkan hasil dari penelitian adalah pemberian bakteri azotobacter dapat meningkatkan parameter tinggi tanaman dan serapan nitrogen.

Kata Kunci : Azotobacter, Nitrogen, Tanah Gambut


Full Text:

DOCX


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jspe.v11i1.50941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.