PENGARUH BOKASI Hydrila verticilata L. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KALE PADA TANAH ALUVIAL

Pujianto Pujianto, Maulidi Maulidi, Dwi Zulfita

Abstract


Kale adalah jenis sayuran yang memiliki nilai gizi cukup komplit yaitu kalori, lemak, natrium, kalium, kabohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi  dan magnesium. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis bokasi Hydrilla verticillata L. yang terbaik bagi pertumbuhan dan hasil kale pada tanah aluvial.

Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Penelitian Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak dengan ketinggian tempat 2 meter dpl. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 5 Maret - 22 April 2021. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 6 taraf perlakuan dan 4 kali ulangan. Masing-masing unit perlakuan terdiri dari 4 sampel tanaman dengan total keseluruhan 96 tanaman. Perlakuan yang dimaksud adalah b0= tanpa bokasi Hydrilla verticillata L., b1= 300 g/polybag bokasi Hydrilla verticillata L., b2= 600 g/polybag Hydrilla verticillata L., b3= 900 g/polybag Hydrilla verticillata L., b4=                1200 g/polybag Hydrilla verticillata L., b5= 1500 g/polybag Hydrilla verticillata L.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian bokasi Hydrilla verticillata L. pada berbagai dosis berpengaruh nyata terhadap berat kering tanaman dan  berpengaruh tidak nyata terhadap variabel volume akar, kadar kehijaun daun, jumlah daun dan berat segar tanaman. Dimana diketahui bahwa berat kering pada pemberian bokasi Hydrilla verticillata L. dosis 1500 g/polybag berbeda nyata dengan pemberian bokasi Hydrilla verticillata L. dosis 0 g/polybag tetapi berbeda tidak nyata dengan  dosis 300 g/polybag, 600 g/polybag, 900 g/polybag dan 1200 g/polybag. Pada umumnya semua dosis bokasi Hydrilla verticillata L. yang diujikan pada penelitian ini sama baiknya dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kale pada tanah aluvial, tetapi dosis efektif bokasi Hydrilla verticillata L. adalah 300 g/polybag.

Kata kunci : Kale, bokasi Hydrilla verticillata L., tanah aluvial


Full Text:

DOCX


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jspe.v10i4.48784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.