Evaluasi Kesesuaian Lahan Pasang Surut untuk Pengembangan Tanaman Lada dan Karet di Desa Trikembang Kecamatan Galing Kabupaten Sambas

GUNAWAR GUNAWAR, Joni Gunawan, Sulakhudi Sulakhudi

Abstract


Evaluasi lahan merupakan suatu pendekatan atau cara menilai potensi sumber daya lahan. Hasil evaluasi lahan akan memberikan informasi dan arahan penggunaan lahan yang diperlukan, dan akhirnya nilai harapan produksi yang kemungkinan akan diperoleh. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor pembatas untuk tanaman lada dan karet di Desa Trikembang Kecamatan Galing Kabupaten Sambas.

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Trikembang, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas. Analisis sampel tanah di Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Tanjungpura. Penelitian ini dimulai dari 09-11 juli 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat satu Satuan Peta Tanah yaitu Typic Fluvaquents. Kesesuaian lahan aktual pada jenis tanah Typic Fluvaquents (SPT 1) adalah tidak sesuai permanen (N2) dengan faktor penghambat untuk tanaman lada dan karet yaitu drainase, media perakaran dan retensi hara. Rekomendasi perbaikan pada SPT 1 adalah pembuatan saluran drainase, pemupukan, pengapuran, tanpa olah tanah yang berlebihan, penggunaan bibit unggul serta teknik budidaya yang baik maka kesesuaian lahan potensial untuk tanaman lada dan karet pada SPT 1 menjadi cukup sesuai (S2).

 

Kata Kunci : Kesesuaian Lahan, Karet,Lada, Pasang Surut, Sambas

 

 


Full Text:

DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.