KOMBINASI BOKASI SERUNI LAUT DENGAN ABU SERBUK GERGAJI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN OKRA MERAH PADA TANAH GAMBUT

Is mi ati, Ir. Rahmidiyani MS, Ir. Eddy Santoso M.Agr

Abstract


Tanaman okra merah merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Tanaman okra merah khususnya di pontianak dapat dilakukan dengan memnfaatkan lahan-lahan pertanian dalam kegiatan budidaya tanaman, salah satunya yaitu tanah gambut.

Berdasarkan luas penyebarannya, tanah gambut di Kalimantan Barat berpotensi digunakan untuk budidaya tanaman okra merah, akan tetapi dalam pemanfaatan tanah gambut ini dihadapkan pada berbagai kendala yaitu tingkat kemasaman tinggi, tingkat kesuburan dan ketersediaan hara serta kejenuhan basa (KB) yang rendah. Perlu diimbangi dengan intensifikasi lahan salah satunya dengan aberupa abu serbuk gergaji. Pemberian bokasi seruni laut dan abu serbuk gergaji dharapkan dapat memperbaiki sifat kimia tanah gambut sehingga tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kombinasi bokasi seruni laut dengan abu serbuk gergaji yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman okra merah pada tanah gambut. Penelitian ini dilaksankan di Lahan Percobaan Fakultaas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak. Dengan lama penelitian 3 bulan dari bulan 16 Maret sampai 30 Mei 2020. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 taraf perlakuan. Masing-masing perlakuan di ulang 5 kali dimana tiap unit perlakuan terdiri dari 4 sampel, sehingga jumlah seluruhnya sebanyak 100 tanaman. Perlakuan yang dimaksud yaitu: A = Bokasi seruni laut 0,3 kg/ polybag + abu serbuk gergaji 0 kg/polybag, B = Bokasi seruni laut 0,3 kg/ polybag  + abu serbuk gergaji 1,5 kg/ polybag, C = Bokasi seruni laut 0,2 kg/polybag + abu serbuk gergaji 2 kg/ polybag, D= Bokasi seruni laut 0,1 kg/ polybag + abu serbuk gergaji 2,6 kg/polybag, dan E = Bokasi seruni laut 0 kg/polybag + abu serbuk gergaji 2,6 kg/polybag. Variabel yang diamati pada penelitian ini adalah, tinggi tanaman (cm), kadar klorofil daun (spad unit), total luas daun (cm) volume akar (cm³), berat kering tanaman (g), jumlah buah pertanaman (buah), berat buah pertanaman (g) dan berat buah perbuah (g).

Hasil penelitian menunjukkan pemberian kombinasi bokasi seruni laut dengan abu serbuk gergaji pada dosis bokasi seruni laut 0,1 kg/ polybag + abu serbuk gergaji 2,6 kg/polybag memberikan pertumbuhan yang terbaik. Namun pada pemberian kombinasi bokasi seruni laut dengan abu serbuk gergaji pada dosis bokasi seruni laut 0,3 kg/ polybag + abu serbuk gergaji 1,5 kg/polybag lebih efesien untuk pertumbuhan dan hasil pada tanaman okra merah.


Full Text:

DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.