PENGARUH DOSIS DAN LAMA INKUBASI PUPUK HIJAU PAITAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TERUNG GELATIK PADA TANAH ALUVIAL

Susi Ratna Sari, Ir. Eddy Santoso M.Agr, Ir. Agustina Listiawati MP

Abstract


Pengembangan tanaman terung khususnya di Pontianak dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan-lahan pertanian yang sering digunakan dalam kegiatan budidaya tanaman, salah satunya yaitu tanah aluvial, tanah aluvial ini dihadapkan pada berbagai kendala yaitu struktur tanah yang pejal dan padat karena mengandung liat dan juga bahan organik yang rendah. Perlu diimbangi dengan intensifikasi lahan salah satunya dengan mengaplikasikan bahan organik berupa pupuk hijau paitan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan interaksi antara dosis dan lama inkubasi pupuk hijau paitan terhadap pertumbuhan dan hasil terung gelatik pada tanah aluvial. Penelitian ini dilaksanakan di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat. Penelitian ini dimulai  dari tanggal 01 Juli 2019 sampai dengan tanggal 30 Desember 2019. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen faktorial dengan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor perlakuan. Faktor pertama adalah dosis pupuk hijau paitan terdiri dari 3 taraf perlakuan yaitu d1= 50 g/polybag, d2= 100 g/polybag, dan 150 g/polybag. Faktor kedua adalah lama inkubasi pupuk hijau paitan yang terdiri dari 3 taraf perlakuan yaitu m1= 2 minggu, m2=  4 minggu, dan m3= 6 minggu, sehingga diperoleh 9 kombinasi perlakuan dengan 3 ulangan dan terdiri dari 5 sampel tanaman.

Variabel yang diamati dalam penelitian ini meliputi tinggi tanaman (cm), total luas daun (cm2), volume akar (cm3), berat kering tanaman (g), jumlah buah (buah), berat buah perbuah dan berat buah pertanaman (g). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi inteaksi antara dosis dan lama inkubasi pupuk hijau paitan terhadap variabel tinggi tanaman, total luas daun, volume akar, berat buah perbuah dan berat buah pertanaman. Dosis paitan menunjukkan hasil berpengaruh nyata terhadap variabel berat kering tanaman dan  jumlah buah. Pengaruh dosis paitan dengan 50 g/polybag dan lama inkubasi 2 minggu memberikan hasil yang terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung gelatik pada tanah aluvial.


Full Text:

DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.