FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MARJIN PEMASARAN NANAS DI KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA

Taufik Taufik, Eva Dolorosa, Anita Suharyani

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi marjin pemasaran nanas di Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini dilakukan terhadap 78 orang petani serta dari pedagang pengumpul sebanyak 3 orang, dan pedagang pengecer sebanyak 4 orang, petani nanas berasal dari desa Sungai Malaya dan desa Mega Timur dan responden ditentukan dengan metode Random Sampling. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh secara signifikan terhadap marjin pemasaran, sedangkan variabel volume dan jarak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap marjin pemasaran nanas di Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya.


Full Text:

docx

Refbacks

  • There are currently no refbacks.