HUBUNGAN DINAMIKA KELOMPOK DENGAN PENDAPATAN NELAYAN DI DESA SUNGAI PANGKALAN II KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN BENGKAYANG

Eva Rinanty Nainggolan, Abdul Hamid A Yusra, Komariyati Komariyati

Abstract


Hubungan Dinamika Kelompok Nelayan Di Desa Sungai Pangkalan II Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang, bertujuan untuk mengetahui tingkat dinamika kelompok nelayan dan mengetahui hubungan dinamika kelompok dengan pendapatan nelayan di Desa Sungai Pangkalan II. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditetapkan menggunakan rumus slovin, sehingga doperoleh 42 sampel, penentuan jumlah sampel dilakukan dengan tehnik acak proporsional (proportionate random sampling).

Data yang dikumpulkan merupakan data primer melalui wawancara langsung terhadap nelayan dengan bantuan kuesioner dan data skunder diperoleh dari literatur. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Spearman Rank. Hasil penelitian menyatakan bahwa adanya hubungan yang nyata dan signifikan antara Dinamika kelompok dengan Pendapatan.

Hasil perhitungan dengan rumus diperoleh nilai Rho hitung (rs) = 0,33162. Kemudian nilai tersebut dimasukkan kedalam rumus t dan diperoleh nilai t hitung = 2,2231. Nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel untuk mengetahui signifikansinya. Dari Tabel Nilai t dengan dk = 40 taraf kesalahan = 0,05 diperoleh nilai tabel t = 2,2064 Hal ini menunjukkan bahwa nilai t hitung > nilai t tabel , artinya Ho ditolak Ha diterima. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa hipotesis dalam penelitian ini terbukti.


Full Text:

DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.