HUBUNGAN PREMI PANEN DENGAN KINERJA KARYAWAN PT.MITRA ANEKA REZEKI

Hermadi Wibowo, Marisi Aritonang, Novira Kusrini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan premi panen dengan kinerja karyawan PT. Mitra Aneka Rezeki. Populasi yang ada dilokasi penelitian yakni di PT. Mitra Aneka Rezeki desa kampung baru adalah 294 karyawan yang terdiri dari karyawan tetap dan buruh. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling yaitu pekerja panen karyawan tetap yang berjumlah 75 orang. Menganalisis hubungan premi panen dengan kinerja karyawan digunakan uji Korelasi Rank Spearman dengan program SPSS 20 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) premi panen yang berlaku di PT. Mitra Aneka Rezeki adalah premi sistem bobot dari TBS, dengan nilai premi terbentuk dalam 3 tingkatan. Tingkatan dari premi tersebut yakni premi progresif 1 dengan nilai premi Rp80/kg jika karyawan mendapatkan output lebih basis sebesar +50 kg/hari, sedangkan pada premi progresif 2 nilai premi yang diberikan Rp90/kg jika karyawan mendapatkan output lebih basis sebesar >50 100 Kg/hari, dan untuk tingkatan premi yang nilainya paling tinggi ada pada premi progresif 3 dengan nilai premi yaitu Rp100/kg, jika karyawan dapat menghasilkan output lebih basis hingga >100kg/hari. 2) Berdasarkan hasil analisis Korelasi Rank Spearman terdapat hubungan yang sangat kuat antara premi panen dengan kinerja karyawan yang ada di PT. Mitra Aneka Rezeki.

Saran dari penelitian ini adalah karyawan harus mengoptimalkan keahlian dan kemampuan yang dimiliki dengan cara mengikuti pelatihan yang diberikan perusahaan serta mengoptimalkan waktu kerja dan sumber daya tenaga kerja dalam keluarga yang dapat membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas kerja dan meminimalisasi nilai denda yang dilakukan saat bekerja.

Kata Kunci : Premi Panen, Kinerja Karyawan


Full Text:

DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.