KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHA KERAJINAN TANGAN BERBAHAN BAKU BAMBU TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA PARIT RAJA KECAMATAN SEJANGKUNG KABUPATEN SAMBAS

Januarti Januarti, Erlinda Yurisinthae, Adi Suyatno

Abstract


JANUARTI, Kontribusi Pendapatan Usaha Kerajinan Tangan Berbahan Baku Bambu Terhadap Pendapatan Keluarga di Desa Parit Raja Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas, dibawah bimbingan Dr. Ir. Erlinda Yurinsinthae, MP. selaku dosen pembimbing pertama dan Ir. Adi Suyatno, MP. selaku dosen pembimbing kedua.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan usaha kerajinan tangan berbahan baku bambu, serta untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pendapatan usaha kerajinan tangan tersebut terhadap pendapatan keluarga pengrajin di Desa Parit Raja Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive), yaitu di Desa Parit Raja Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 38 responden (50% dari populasi) dengan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pendapatan rata-rata dari usaha kerajinan tangan berbahan baku bambu yaitu berupa caping bambu sebesar Rp 3.494.368/thn. Total pendapatan yang diperoleh dari usaha kerajinan caping bambu, usahatani padi dan usahatani karet sebesar Rp 19.056.530/thn. Kontribusi usaha kerajinan caping bambu terhadap pendapatan keluarga sebesar 18,35%.

Kata kunci : kontribusi, pendapatan keluarga

Full Text:

Docx

Refbacks

  • There are currently no refbacks.