ANALISIS PENDAPATAN USAHA TERNAK AYAM ARAB PETELUR PADA PETERNAK BANTUAN MESIN PENGOLAH PAKAN TERNAK DI DESA PAL IX KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA

Setiawati Setiawati, Ani Muani, Imelda Imelda

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat pendapatan yang diperoleh peternak pada usaha ternak ayam arab petelur dengan adanya bantuan mesin pengolah pakan ternak dan untuk melihat kaitan antara volume penjualan minimal, harga jual serta jumlah produksi yang harus diusahakan agar usahanya tidak rugi dan memberikan sejumlah laba tertentu.

Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis BEP dan analisis R/C Ratio dan Rumus perhitungan pendapatan. Analisis BEP digunakan untuk melihat hubungan antara volume penjualan minimal, jumlah produksi. Analisis R/C ratio dihitung berdasarkan penerimaan dan biaya untuk melihat kelayakan usaha ternak ayam arab petelur dari segi untung atau rugi suatu usaha yang dilakukan peternak.

Hasil perhitungan dan analisa menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan peternak ayam arab petelur di Desa Pal IX adalah sebesar Rp.34.532.336/Th artinya peternak memperoleh nilai selisih antara biaya dan penerimaan sebesar Rp.34.532.336/Th. Rata-rata nilai BEP rupiah 2.894.758 artinya nilai penjualan atau nilai produksi minimal yang harus dilakukan peternak sebesar Rp 2.894.758 dan rata-rata nilai BEP unit sebesar 2.209 artinya jumlah produksi yang harus dihasilkan peternak sebanyak 2.209 butir telur. Nilai R/C ratio usaha ternak ayam petelur sebesar 3,23, artinya angka tersebut lebih tinggi dari 1,00 yang merupakan indikasi bahwa suatu usaha ternak ayam arab petelur di Desa Pal IX menguntungkan.

Kata kunci : Pendapatan, usaha ternak ayam, ayam arab,bantuan mesin pengolah pakan.

Full Text:

Docx

Refbacks

  • There are currently no refbacks.