OPTIMASI PRODUK KERAJINAN ROTAN PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) DANGAU DAIK DI DESA PANDU RAYA KECAMATAN KAPUAS KABUPATEN SANGGAU

Muhartini Muhartini, Ani Muani, Dewi Kurniati

Abstract


Industri Kerajinan Rotan merupakan salah satu usaha kecil rumah tangga informal dengan memanfaatkan hasil rotan yang tumbuh di daerah tempat tinggal penduduk menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual tinggi serta memberikan sentuhan seni yang menarik pada setiap produk yang dihasilkan. Setiap usaha menginginkan hasil produksi yang lebih maksimal dengan keterbatasan sumber daya yang dimiliki. Masalah yang sering dihadapi oleh pengrajin salah satunya adalah kesulitan dalam menentukan jumlah produksi yang optimal.

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui jumlah masing-masing produk yang dihasilkan oleh pengusaha kerajinan rotan agar mencapai keuntungan yang optimal. (2) Untuk mengetahui berapa banyak produk optimal yang diproduksi dengan kendala dan keterbatasan yang ada dalam optimasi produk kerajinan rotan pada Industri Kecil Menengah (IKM) Dangau Daik.

Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa keuntungan optimal sebesar Rp 9.122.396,- dengan kondisi yang sudah optimal terdapat pada jenis produk jarai pengambin besar sebanyak 2 unit, keranjang hiasan sebanyak 0,7816 = 1 unit, tikar bidai ukuran 2x2m sebanyak 4 unit dan tikar bidai ukuran 2x1,5m sebanyak 1 unit. Pengrajin kerajinan rotan menghadapi kendala-kendala dalam upaya memaksimumkan keuntungan, berupa proses produksi dalam bentuk keterbatasan sumberdaya yang dimiliki yaitu meliputi kendala modal, jam tenaga kerja, dan permintaan.

Kata Kunci : Optimasi, Keuntungan, Model LP, Software POM For Windows, Produk Kerajinan Rotan.


Full Text:

Docx

Refbacks

  • There are currently no refbacks.