UPAYA PENINGKATAN HASIL BAWANG MERAH PADA TANAH ALLUVIAL MELALUI PENAMBAHAN PUPUK KANDANG AYAM DAN COCOPEAT”

Bahtiar bahtiar, Tantri Palupi, Wasian syafiudin

Abstract


Tanaman bawang merah (Allium ascolonicum L.) adalah tanaman
hortikultura yang berpontensi baik di Indonesia. Untuk dapat meningkatkan hasil tanaman bawang merah maka diperlukan pemupukan yang sesuai. Salah satu pupuk organik yang dapat digunakan yaitu pupuk kandang ayam dan cocopeat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis pemberian pupuk kandang ayam dan cocopeat tertentu yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil bawang merah.

Penelitian dilaksanakan di desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, pada bulan Mei sampai Juli 2019. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan 2 faktor perlakuan, yakni : Faktor pertama adalah dosis pupuk kandang ayam terdiri dari 3 taraf yaitu A1: 10 ton. Ha-1, A2: 15 ton. ha-1, A3:20 ton. ha-1. Faktor kedua adalah cocopeat yang terdiri dari 3 taraf yaitu C1:15 ton. ha-1, C2:20 ton. ha-1, C3:25 ton. ha-1.

Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun per rumpun, jumlah umbi, berat basah umbi , dan berat kering umbi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pupuk kandang ayam 15 ton ha-1 mampu meningkatkan jumlah daun yang lebih banyak. Sedangkan interaksi pupuk kandang ayam sebesar 20 ton ha-1 dan cocopeat 15 ton ha-1 mampu menghasilkan berat basah umbi dan berat kering umbi per rumpun yang lebih baik dari perlakuan lainnya.

       

Kata kunci : bawang merah, pupuk kandang ayam, cocopeat 


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.