Studi Sifat Fisika Tanah Gambut Pada Lahan Lidah Buaya (Aloevera Sp) dan Semak Belukar Di Kecamatan Pontianak Utara Kota Pontianak

Riduansyah Tino Orciny Chandra Rinaldi Chanika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan antara sifat fisika tanah gambut pada lahan lidah buaya dan lahan semak belukar yang belum terganggu. Penelitian ini menggunakan metode survey secara langsung pada lokasi penelitian dan dilanjutkan dengan pengambilan sampel tanah untuk bahan analisis di Laboratorium. Analisis tanah dilakukan di Laboratorium Fisika dan Konservasi Tanah dan Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah, Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 21 Maret 2019 sampai 22 Juni 2019. Penentuan titik pengamatan di lokasi penelitian secara langsung ditentukan menggunakan alat GPS (Global Positioning System). Pengambilan sampel tanah dilakukan di kedalaman 0-20 cm pada 5 titik pengamatan disetiap lahan.

Hasil analisis fisika tanah gambut menunjukkan bahwa kadar serat utuh pada lahan lidah buaya dengan kematangan hemik sebesar 59,8% dan lahan semak belukar dengan kematangan hemik sebesar 58,6% dan hasil uji t tidak berbeda nyata. Bobot isi pada lahan lidah buaya sebesar 0,26 g/cm3 dan lahan semak belukar sebesar 0,36 g/cm3 dengan kriteria rendah dan hasil uji t berbeda nyata. Porositas total pada lahan lidah buaya sebesar 81,27%  dan  lahan semak belukar sebesar 72,45% dengan kriteria poros dan hasil uji t berbeda nyata. Kadar air kapasitas lapangan pada lahan lidah buaya sebesar 55,32% dan lahan semak belukar sebesar 51,48% dan hasil uji t tidak berbeda nyata. Permeabilitas pada lahan lidah buaya sebesar 5,07 cm/jam dan lahan semak belukar sebesar 3,59 cm/jam dengan kriteria sedang dan hasil uji t tidak berbeda nyata.

 

Kata kunci : sifat fisika tanah gambut, lidah buaya, semak belukar.




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jspe.v8i4.35641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.