ANALISIS TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA PETANI KEBUN PLASMA KELAPA SAWIT PT. PRAKARSA TANI SEJATI (STUDI KASUS DI DESA MUARA JEKAK KECAMATAN SANDAI KABUPATEN KETAPANG)

Rela Novahadi, Ani Muani, Imelda Imelda

Abstract


Sumber daya alam suatu desa yang sudah mulai kritis / habis dapat menurunkan pendapatan masyarakatnya. Penurunan pendapatan akan berdampak buruk pada kondisi sosial ekonomi desa. Sehingga kerjasama antara desa dengan perusahaan yang dijembatani oleh pemerintah melalui program plasma untuk kelapa sawit diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan desa tersebut. Adapun kesejahteraan pada hakekatnya terdiri dari dua dimensi yaitu kesejahteraan secara ekonomi dan secara sosial.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesejahteraan keluarga petani kebun plasma kelapa sawit PT. Prakarsa Tani Sejati di Desa Muara Jekak Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang. Metode yang digunakan adalah studi kasus, sedangkan sampel penelitian diambil secara acak sederhana. Untuk menganalisis tingkat kesejahteraan digunakan pentahapan kesejahteraan BKKBN dan kriteria kemiskinan setara beras (Sayogyo). Adapun hubungan antar variabel diuji dengan koefisiensi kontingensi.

Hasil analisis tingkat kesejahteraan dari 38 petani sampel berdasarkan tahap kesejahteraan BKKBN yaitu Keluarga Sejahtera Tahap I sebanyak 15 petani, Keluarga Sejahtera Tahap II sebanyak 1 petani, Keluarga Sejahtera Tahap III sebanyak 16 petani, Keluarga Sejahtera Tahap III+ sebanyak 6 petani. Pengukuran dengan status kemiskinan setara beras yaitu 5 petani termasuk dalam kelompok cukup dan 33 petani termasuk dalam kelompok kaya. Tahap kesejahteraan keluarga BKKBN memiliki hubungan dengan umur petani, pendidikan petani, pengalaman bertani, umur keluarga, kriteria setara beras dan ukuran keluarga petani.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.