ANALISIS PENGARUH BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN KOREA DI KOTA PONTIANAK

Erik Bayu Prawira, Maswadi Maswadi, Rakhmad Hidayat

Abstract


Budaya Korea merupakan satu diantara budaya populer yang telah dikenal dan masuk ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Invasi Korea ke Indonesia berdampak besar,  terbukti dengan semakin banyaknya restoran-restoran yang menyediakan makanan khas negeri gingseng tersebut. Sekarang, restoran Korea dapat ditemui dengan mudah di berbagai pusat perbelanjaan dan sudut kota. Perilaku pembelian seseorang dapat dikatakan sesuatu yang unik, karena karakteristik dan sikap terhadap obyek setiap orang berbeda. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan makanan Korea pada 100 responden di Pontianak yang dipilih secara purposive dan accidental. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya, sosial, dan psilokogis berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian makanan Korea, dengan indikator paling dipengaruhi yakni pengetahuan, dimana semakin tinggi pengetahuan konsumen tentang budaya Korea akan diikuti oleh semakin tingginya keputusan pembelian.

Kata Kunci: makanan Korea, keputusan pembelian, Structural Equation Modeling (SEM).

 


Full Text:

docx

Refbacks

  • There are currently no refbacks.