STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN BUAH MANGROVE DI KABUPATEN MEMPAWAH
Abstract
Buah mangrove di daerah Mempawah telah diolah menjadi dodol dan sirup namun pemasaran yang dilakukan belum mampu menarik banyak konsumen. Penelitian bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran produk dodol dan sirup buah mangrove di Kabupaten Mempawah. Teknik analisis yaitu analisis SWOT dengan megetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman produk yang dihasilkan untuk membuat strategi . Posisi kuadran berada pada posisi satu yaitu dimana perusahaan berada dalam situasi yang sangat menguntungkan karena memiliki peluang dan kekuatan, sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan memaksimalkan. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan yang agresif. Berdasarkan matrik SWOT stretegi yang direkomendasikan adalah menawarkan produk dengan menampilkan cita rasa yang masam dan menyegarkan sebagai ciri khas produk dan keunggulan produk sebagai anti radikal bebas bagi tubuh, serta selalu meningkatkan kualitas produk , membangun kemitraan untuk pendistribusian produk, promosi penjualan yang gencar dengan memanfaatkan bermacam sarana promosi.
kata kunci: Produk olahan buah mangrove, strategi pemasaran , analisis SWOT
Full Text:
DocxDOI: https://doi.org/10.26418/jspe.v8i1.30417
Refbacks
- There are currently no refbacks.