NILAI INDIVIDU DAN MUTU PRODUK PADA PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PRODUK PANGAN REKAYASA GENETIK
Abstract
Kontribusi Pangan Rekayasa Genetik (PRG) sebagai sumber daya tinggi untuk mengatasi masalah kekurangan pangan masih menimbulkan pro dan kontra terhadap risiko yang ditimbulkan. Permasalahan tersebut memicu untuk perlu dilakukannya edukasi terhadap masyarakat sebagai konsumen agar dapat memiliki pengetahuan yang jelas dan benar terhadap produk dari hasil rekayasa genetika. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh nilai individu dan mutu produk terhadap produk PRG, pada 100 responden yang dipilih secara purposive. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software Lisrel versi 8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu produk berpengaruh positif terhadap perilaku konsumen, dengan indikator paling dipengaruhi adalah daya tahan produk, diikuti dengan ketersediaan produk, kemasan, kemudahan penggunaan, kandungan gizi, dan proses produksi. Hal ini dapat dimanfaatkan produsen untuk lebih memperhatikan mutu produk PRG melalui ketahanan dan daya simpan yang cukup lama, jaminan keamanan bahan baku, jaminan kandungan gizi, jaminan perizinan produk, serta eksklusifitas kenyamanan dan ketertarikan yang dapat membentuk loyalitas konsumen. Jika penggunaan bahan baku PRG yang melebihi ambang batas di atas 5%, maka produsen wajib mencantumkan keterangan pada label kemasan.
Kata Kunci: mutu produk, nilai individu, perilaku konsumen, PRG, Structural Equation Modeling (SEM).
Full Text:
docxDOI: https://doi.org/10.26418/jspe.v8i1.27662
Refbacks
- There are currently no refbacks.