Analisis Rantai Nilai Komoditas Lada Di Desa Ratu Sepudak Kecamatan Galing Kabupaten Sambas
Abstract
Absract
This research is to know the actor’s of the commodity value chain pepper, profits, margins pepper marketing. The method used in this research is a survey marketing agencies and key informants, while the farmer sample done with simple random sampling. The number of samples in the study as much as 66 respondents consisting of 4 provider of supplier inputs, 41 farmers, 8 traders, 9 consumers, and 4 key informants.
Based on the results of the study known to the actors involved in the commodity value chain is supplier inputs, farmers, traders, consumers, cooperative, village banking unit, the Agriculture Extension Officer, and Plantation Department. Net income gained by farmers amounthing to Rp. 76.197.811,-/hectars/year. On the flow of product to the domestic market the biggest marketing margin obtained by retailers amounthing to Rp. 15.800,-/kilogram, while the flow of products to export markets the biggest marketing margin obtained by the wholesalers Rp. 8.500,- /kilogram.
Keywords: Actor, Margin, Pepper, Value Chain
Abstrak
Penelitian ini untuk mengetahui aktor rantai nilai komoditas lada, keuntungan petani, marjin pemasaran lada, dan mengkaji potensi dan hambatan rantai nilai komoditas lada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik snowball sampling untuk mengambil lembaga pemasaran dan informan kunci, sedangkan sampel petani dilakukan dengan sampel acak sederhana. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 responden yang terdiri dari 4 penyedia input produksi, 41 petani, 8 pedagang, 9 konsumen, dan 4 informan kunci.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui para pelaku yang terlibat dalam rantai nilai komoditas lada yakni penyedia input produksi, petani, pedagang, konsumen, perbankan, koperasi unit desa, balai penyuluh pertanian dan dinas perkebunan. Pendapatan bersih yang diperoleh oleh petani lada sebesar Rp 76.197.811 per hektar per tahun. Pada aliran produk untuk pasar domestik marjin pemasaran terbesar didapatkan oleh pedagang pengecer (retail) sebesar Rp. 15.800,- per kilogram, sedangkan aliran produk untuk pasar ekspor marjin pemasaran terbesar didapatkan oleh pedagang besar yakni sebesar Rp. 8.500,- per kilogram.
Kata Kunci : Aktor, Lada, Marjin, Rantai Nilai
Full Text:
docxDOI: https://doi.org/10.26418/jspe.v7i3.25069
Refbacks
- There are currently no refbacks.