Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Pengembangan Beberapa Tanaman Perkebunan di Desa Pulau Kumbang Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara

AGUS DWI WAHYUDI

Abstract


Desa Pulau Kumbang Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara memiliki potensi lahan yang luas untuk pengembangan tanaman perkebunan. Evaluasi lahan merupakan proses menduga kelas kesesuian lahan dan potensi lahan untuk penggunaan tertentu, baik untuk pertanian maupun non-pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik lahan serta mengetahui tingkat kesesuaian lahan untuk tanaman beberapa tanaman perkebunan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan klasifikasi tanah dibedakan menjadi 2 jenis satuan peta tanah yaitu Hemic haplosaprists dan Fibric haplohemists. Tingkat kesuburan kedua satuan peta tanah tersebut tergolong rendah. Pada evaluasi kesesuaian lahan aktual SPT 1 dan SPT 2 untuk tanaman karet, kelapa sawit dan kelapa dalam memiliki faktor pembatas N2r.  Faktor pembatas N2r adalah tidak sesuai untuk selamanya pada media perakaran yaitu ketebalan gambut. Perbaikan tingkat ketebalan gambut dari lahan tidak sesuai untuk selamanya (N2) dapat dinaikkan dua tingkat menjadi sesuai marjinal (S3) untuk kesesuaian lahan potensialnya.

Upaya meningkatkan kemampuan lahan perlu dilakukan perbaikan lahan antara lain pengaturaan sistem drainase, pemadatan gambut, pengapuran dan amelioran lumpur laut serta pemupukan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.